Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Jumat, 03 Februari 2023, 12:11 WIB
Last Updated 2023-02-09T05:26:40Z
DairiInflasiPertanian

Kendalikan Inflasi, Bupati Dairi dan Wali Kota Medan Rancang MoU

Pertemuan Bupati Dairi Eddy Berutu dengan walikota medan Bobby Nasution bahas kerja sama. (Foto/Istimewa)

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Menindak lanjuti pertemuannya Bupati Dairi Eddy keleng ate Berutu dengan Wali Kota Medan di Balai Kota Medan pada Selasa 18 Oktober 2022 lalu, keduanya akan menandatangani perjanjian Kerjasama Antar Daerah..


Penandatanganan itu di rencanakan di Gedung Pusat Usaha Layanan Terpadu (PLUT) Koperasi dan UMKM, Sidikalang, Senin 6 Februari 2023 mendatang oleh Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu dan Wali Kota Medan M. Bobby Afif Nasution,


Selanjutnya juga akan diikuti penandatanganan kerja sama PUD Pasar Medan dengan Koperasi Aur Dairi Botanical Kabupaten Dairi.


“Tindak lanjut pertemuannya dengan Wali Kota Medan di Balai Kota Medan pada Selasa 18 Oktober 2022 lalu,” kata Bupati. Jumat (3/2/2023).


Tujuannya sebagai upaya pengendalian inflasi daerah,


Dalam pertemuan itu Eddy Berutu mengatakan Pemkab Dairi sudah menyiapkan lahan untuk memproduksi hortikultura di Kecamatan Parbuluan. 


Lahan itu tidak hanya ditanami cabai saja tapi juga bawang merah, kubis dan kentang.


“Lahannya sangat strategis, dekat dari Bandara. Di sana sumber air sangat mendukung. Kita juga sudah mempersiapkan rencana produksi sampai tahun 2025. Lahan itu juga sudah ditanami para petani dan petani wajib menjadi anggota koperasi,” paparnya.


Pada pertemuan sebelumnya, Wali Kota Medan M. Bobby Afif Nasution menyampaikan komitmen terhadap kerja sama KAD ini.


Kerjasama pertanian akan di lakukan dengan Kabupaten Dairi untuk memenuhi kebutuhan pangan sekaligus menstabilkan harga pangan di Kota Medan.


Kolaborasi dengan Kabupaten Dairi pada sektor pertanian diharapkan dapat mendukung masyarakat Kota Medan memiliki bahan pangan dengan harga terjangkau.


Bobby menunjuk PUD Pasar Kota Medan yang akan melakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan koperasi pertanian di Dairi. 


Penulis : Rudi

Editor : Novel