Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Selasa, 21 Februari 2023, 12:50 WIB
Last Updated 2023-02-21T05:50:32Z
Cagar BudayaDPRDSimalungun

Tim Ahli Cagar Budaya Simalungun Audiensi ke Ketua DPRD Simalungun

 Timbul Jaya Saragih (baju kotak-kotak pegang buku). (Foto/Ari)

Simalungun - nduma.id

Tim ahli cagar budaya Simalungun audiensi dengan Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani, di Pematang Raya, Senin 20 Februari 2023.

Ketua Tim Ahli Cagar Budaya Simalungun DR Hisarma Saragih, mengatakan bahwa pihaknya datang kepada ketua DPRD, untuk memperkenalkan dan menyatakan bahwa Tim Ahli Cagar Budaya, sudah terbentuk di Simalungun.

Terbentuknya Tim Ahli Cagar Budaya tersebut, diperoleh dari diklat, ujian dan uji kompetensi oleh Kementerian dan Kebudayaan RI.

Hisarma mengatakan, ada 7 Tim Ahli Cagar Budaya di Simalungun, antara lain, DR. Hisarma Saragih, Rohdian Purba Spd,M.si, Djapaten Purba ,Harry Pengalihan Sinaga , Hotman Damanik, ST, Pdt Juandaharaya Purba, dan Hermanto Sipayung SH.

Dalam kesempatan itu, Tim ahli cagar budaya memaparkan kinerja dan program kerja yang akan dilaksanakan mereka pada Tahun 2023 ini.

Untuk Tahun 2022, tim ahli cagar budaya Simalungun telah melaksanakan pengkajian terhadap 7 Harajaon (Kerajaan) yang ada di Simalungun.

Diterangkan tim ahli, bahwa untuk 7 Harajaon ini, sudah disidangkan dan nantinya akan ditetapkan menjadi cagar Budaya oleh Pemerintah Kabupaten Simalungun.

Tim Ahli Cagar Budaya Simalungun juga memaparkan, bahwa pihaknya dalam garis besar program adalah untuk pelestarian cagar budaya. yang dimana agar Cagar Budaya bisa menjadi sejarah yang tetap ada di masa depan untuk dinikmati generasi selanjutnya.

Progres selanjutnya, Tim Ahli Cagar Budaya Simalungun, akan melakukan kajian, konservasi di Rumah Bolon yang ada di Kecamatan Purba.

Di mana saat ini Rumah Bolon tidak lagi terus, padahal pada Tahun 90an, rumah tersebut masih menjadi salah ikonik pariwisata di Simalungun.

Tim ahli cagar budaya Simalungun itupun meminta agar Ketua DPRD Simalungun, bisa mendukung anggaran untuk pengembangan cagar budaya yang ada di Kabupaten Simalungun, melalui penambahan anggaran di Dinas Pariwisata.

Mendengar kinerja dan program Tim Ahli Cagar Budaya Simalungun, Timbul Jaya Sibarani meminta agar tim cagar budaya bisa bersifat independen, dan terbuka terhadap semua masukan-masukan yang membangun.

Timbul menegaskan, pihaknya selalu mendukung terkait peningkatan ekonomi melalui sektor pariwisata budaya, di mana pariwisata budaya di Simalungun berpotensi besar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Penulis : Ari

Editor : Rudi