Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Jumat, 03 Maret 2023, 07:42 WIB
Last Updated 2023-03-07T00:55:23Z
DairiDesaKarang Taruna

Bupati Dairi Tekankan Prioritas Pemerintah Desa

Eddy Berutu di acara Pelantikan Karang Taruna Desa Sumbari. (Foto/Josua)

DAIRI, Silima Pungga-pungga – nduma.id


Dr. Eddy Berutu selaku Bupati Dairi sekaligus Pembina Umum Karang Taruna Kabupaten Dairi menghimbau kepada Kepala Desa agar Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2023 mengutamakan percepatan pencapaian tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) Desa.


Ini di katakan Eddy kepada wartawan saat pelantikan Pengurus Karang Taruna Desa Sumbari, Kamis 2 Maret 2023.


Dalam paprannya SDGs itu meliputi Pertama Pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan Desa. Antara lain pendirian, pengembangan, dan peningkatan kapasitas pengelolaan Badan Usaha Milik Desa atau Badan Usaha Milik Desa Bersama, pengembangan usaha ekonomi produktif yang diutamakan dikelola oleh BUM Desa atau BUM Desa Bersama, dan pengembangan Desa wisata.


Kedua Program prioritas nasional sesuai kewenangan Desa yakni perbaikan dan konsolidasi data SDGs Desa dan pendataan perkembangan desa melalui IDM, ketahanan pangan nabati dan hewani, pencegahan dan penurunan stunting, peningkatan kualitas sumber daya manusia warga desa, peningkatan keterlibatan masyarakat secara menyeluruh dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa, perluasan akses layanan kesehatan, dana operasional pemerintah Desa (maksimal 3%), penanggulangan kemiskinan terutama kemiskinan ekstrem, dan BLT DD untuk mendukung penghapusan kemiskinan ekstrem.


Ketiga Mitigasi dan penanganan bencana alam dan non alam sesuai kewenangan Desa,


“Tambahan dana desa pada 2023 pembagiannya dilakukan berdasarkan beberapa kriteria. Adapun di antaranya adalah penetapan dan penyampaian APBDes dan kinerja penyaluran dana desa. Selain itu ada juga kriteria seperti persentase anggaran BLT, laporan daftar transaksi harian dan rekapitulasi bulanan, realisasi APBDes setiap bulan, dan realisasi pelaksanaan APBDes,” ujar Eddy Berutu.


Eddy berharap semua kepala desa di Kabupaten Dairi, harus memahami apa yang harus dilakukan.


Sehingga pelaksanaan dana desa nantinya dapat berjalan semakin baik, benar serta memberikan manfaat untuk masyarakat. 


Penulis : Josua

Editor : Rudi.