Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Jumat, 03 Maret 2023, 07:17 WIB
Last Updated 2023-03-07T00:25:39Z
DairiDesaKarang TarunaPelantikan

Karang Taruna Dairi dan Pemdes Harus Bersinergi

Ketua Karang Taruna Dairi. (Foto/Josua)

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Sinergitas antara Karang Taruna dan Pemerintah Desa di Kabupaten Dairi diharapkan dapat lebih maksimal, hal ini untuk pengembangan dan pemberdayaan pemuda.


Ini disampaikan Ketua Karang Taruna Kabupaten Dairi David Silitonga usai menghadiri pelantikan pengurus Karang Taruna Desa Sumbari, Kamis 2 Maret 2023.


Di Tingkat desa menurut David, Kepala Desa adalah pembina umum Karang Taruna sehingga perlu ada pembinaan dan pemberdayaan untuk anggota Karang Taruna, khususnya untuk meningkatkan kapasitas pemuda.


Dicontohkan David seperti pengembangan Usaha Ekonomi Produktif, Pelatihan UMKM, dan Demplot Pertanian yang di kelola oleh petani milenial karang taruna dengan sistem fertigasi.


“Ini untuk menggairahkan semangat para pemuda untuk Bertani,” kata David.


Saat ini kata David Kabupaten Dairi sudah memiliki Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM). Ini bisa di berdayakan para pemuda untuk menunjukkan potensi desa.


“Dengan adanya PLUT KUMKM Dairi yang dengan susah payah Bupati Dairi Dr. Eddy Berutu melobi kepada Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Ini menjadi motivasi buat kita pemuda untuk bisa menunjukkan potensi desa agar program Hilirisasi dari Pertanian bisa kita ciptakan Produk UMKM dengan membawa nama desa masing-masing,” sebut David.


Karang Taruna Dairi bersama Dinas Perindagkop UKM Kabupaten Dairi dikatakan akan bersinergitas untuk mewujudkan One Village One Product.


“Ditingkat desa, berbicara program anak-anak muda membutuhkan bimbingan Kepala Desa, begitu juga Kepala Desa membutuhkan anak-anak muda untuk menyukseskan program pemerintah,” kata dia.


David berpesan untuk seluruh pengurus Karang Taruna Desa harus mendukung semua program pemerintah desa dalam konteks pembangunan dan tidak diperkenankan menjadi lawan politik.


Penulis : Josua

Editor : Rudi