SMSI

SMSI
Minggu, 19 Maret 2023, 08:02 WIB
Last Updated 2023-03-20T01:06:32Z
DairiKarang TarunaOrmas

Karang Taruna Dairi Siap Ciptakan One Village One Product

Bincang santai Ketua Karang Taruna Dairi dan Kadis Perindagkop Dairi. (Foto/Istimewa)

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Karang Taruna merupakan organisasi sosial kemasyarakatan yang diakui keberadaannya dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial. 


Sebagai organisasi yang tumbuh dan berkembang atas dasar tanggung jawab sosial pemuda, karang taruna kemudian menjadi wadah organisasi bagi para pemuda yang memiliki bakat, keterampilan untuk dikembangkan dalam peningkatan pengembangan.


Ketua Karang Taruna Kabupaten Dairi David Rikardo Silitonga mengatakan, salah satu program unggulan yang menjadi prioritasnya adalah mengembangkan potensi sumber daya yang ada di desa menjadi industri kreatif yang mampu mengangkat ekonomi masyarakat dan menjadi ciri khas daerah.


Untuk mewujudkan program one village one product ini, kata David, selain didukung dengan ilmu pengetahuan, juga  keterampilan dan kemampuan para pemuda. 


Untuk merangsang hal itu peran pemerintah sangat dibutuhkan dalam memberikan pelatihan, maupun infrastruktur untuk bersama-sama memajukan kesejahteraan masyarakat.


Makanya dengan adanya PLUT  KUMKM Dairi yang susah payah Bupati Dairi Dr. Eddy Berutu melobi kepada Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki  harus dipergunakan dengan baik. 


Pendampingan Para pelaku UMKM seperti BUMDES dan Usaha Ekonomi Produktif UEP dapat lebih efektif untuk mewujudkan One Village One Product.


Selain itu, peran pemerintah desa maupun organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dalam intervensi program karang taruna bisa meminimalisir adanya urbanisasi pemuda keluar daerah.


"Kami berharap bisa merubah pemikiran pemuda bisa memajukan desa, dengan kemampuan dan potensi karang taruna," jelas, Sabtu (18/3/2023).


"Karang taruna bisa mengembangkan usaha ekonomi produktif (UEP) dari dinas terkait, bagi pengembangkan potensi sumber daya yang ada di desa," terang Ketua Karang Taruna Dairi periode 2023-2025 itu.


Kepala Dinas Perindagkop UKM Kabupaten Dairi Iwan Taruna Berutu, segera melakukan mapping (pemetaan) untuk menginventarisir kebutuhan dengan melibatkan pemuda secara langsung.  


Selain itu juga akan membentuk sebuah tim untuk melakukan pengawasan terhadap program - program yang digulirkan agar berjalan sesuai harapan.


“Tahun ini kita akan memetakan program apa saja yang dibutuhkan pemuda untuk Program UMKM yang mewujudkan One Village One Product.,” tegas Iwan


Menjawab keinginan karang taruna tersebut,  Bupati Dairi Dr.Eddy Berutu menyatakan, apa yang jadi harapan karang taruna sejalan dengan sejumlah program yang telah disiapkannya untuk Kabupaten Dairi .


Diantaranya program Desa Tematik yang didasarkan pada pembangunan desa berorientasi pada karakteristik khas sumber daya lokal, dan potensi unggulan  lokal.


Mensinergikan potensi pemuda dalam Karang  taruna dengan program pemerintah daerah periode nanti, akan menguatkan  periode perekonomian desa. Modal sosial budaya desa, berikut potensi alam dan penguatan  SDM itu, sesuai kaidah one village, one product.


 "Jadi apa yang diinginkan karang taruna  sesuai dengan program yang telah kami persiapkan. Pemuda bersama karang taruna harus tangguh agar siap bersaing, karena tantangan ke depan semakin kuat dan harus kita hadapi,” Ujar Dr.Eddy Berutu.


Penulis  : Josua

Editor : Rudi