Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Jumat, 03 Maret 2023, 22:47 WIB
Last Updated 2023-03-03T15:47:42Z
HGUKelompok TaniSergai

Kelompok 80 TIR Jadwal Unras di DPRD dan BPN Sumut

Kelompok Tani 80 TIR. (Foto/Istimewa).

Sergai - nduma.id


Ketua dan ahli waris yang tergabung dalam Kelompok 80 Tambak Inti Rakyat (TIR) dari sejumlah Desa di Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut), akan kembali unjuk rasa damai di Kantor DPRD Sumut dan BPN Sumut.


Mereka berasal dari

Desa Pekan Tanjung Beringin, Bagan Kuala, Pematang Cermai, Nagur, Mangga Dua dan Tebing Tinggi.


"Ini di sepakati para ketua dan ahli waris pada rapat Jumat 3 Maret 2023 di Sekretariat Dusun VIII Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah," ujar Ketua tim Kelompok 80 Tambak Inti Rakyat (TIR,) Zuhari didampingi Sekretaris Aripin,S.Pd.


Mereka berharap lahan seluas 320 Ha, dapat dikembalikan dengan difasilitasi oleh DPRD Sumut dan BPN Sumut.


Saat ini semua tahu bahwa HGU PT. Deli Minatirta Karya (DMK) seluas 499,2 Ha, sudah berakhir pada tanggal 31 Desember 2017. Nah, jika dihitung sudah 6 tahun lebih tidak lagi diperpanjang HGU PT. DMK," jelasnya. 


Sebelumnya, Sekretaris Ketua tim Kelompok 80 Aripin,S.Pd, menuturkan, lahan kelompok 80 diperkirakan pada tahun 2009 pernah dibayar panjar sebesar Rp.16 Juta per satu kelompok oleh PT. DMK. 


Ketua kelompok yang menerima saat itu hanya 27 kelompok dari jumlah 80 kelompok. 


Anehnya, pihak PT. DMK sebelum mati dan hingga tidak diperpanjang oleh BPN Sumut HGU nya, belum ada pelunasannya dan bahkan tidak diselesaikan hingga 29 tahun lamanya.   


"Kita yakin, suara masyarakat petani yang susah ini akan didengar oleh Presiden RI Jokowi, Menteri Agraria Tata Ruang dan BPN. Kita berharap Presiden dan Menteri ATR/BPN berkenan dan membantu untuk menyelesaikan permasalahan masyarakat petani kelompok 80," tutur Aripin.


Unjuk rasa digelar karena tidak ada penjelasan maupun tindak lanjut yang disampaikan secara tertulis oleh Ketua DPRD Sumut dan Kepala BPN Sumut, terkait tuntutan kelompok 80 agar dikembalikan lahan seluas 320 Ha.


Di jadwalkan Unras digelar Rabu, 15 Maret 2023 di Gedung DPRD Sumut dan dilanjutkan ke Kantor BPN Sumut bersama 100 orang ketua kelompok berikut ahli waris. 


Penulis : Rudi

Editor : Gib