Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Selasa, 14 Maret 2023, 19:56 WIB
Last Updated 2023-03-14T12:56:34Z
Pakpak BharatPelajar SMPPendidikan

Tiga Pelajar Pakpak Bharat Unjuk Kebolehan Pidato Motivasi 3 Bahasa

 3 Pelajar SMP N 1 Kerajaan. (Foto/Istimewa)

PAKPAK BHARAT, Kerajaan – nduma.id


Tiga pelajar SMP Negeri 1 Kerajaan Kabupaten Pakpak Bharat Sumatera Utara unjuk kebolehan, mereka berpidato dalam 3 bahasa.


Masing-masing bahasa, Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Spanyol.


Tiga pelajar ini adalah Gracelia Silaban, Engge Berutu dan Evlo Berutu.


Di hadapan para guru dan teman-teman mereka, Gacelia Silaban membuka pidato motivasi belajar ini dengan Bahasa Inggris yang kemudian diterjemahkan ke dalam Bahasa Spanyol dan Bahasa Indonesia masing-masing oleh Evlo Berutu dan Engge Berutu.


Kepala Sekolah SMP N 1 Kerajaan, Dasmaulina Boru Lahi mengatakan SMP N 1 Kerajaan membuat sebuah inovasi baru bagi upaya memotivasi anak didik mereka untuk terus bergiat belajar dan menimba ilmu.


“Dalam empat kali seminggu kami sengaja mengumpulkan seluruh anak didik kami, mendengarkan pidato motivasi belajar yang disampaikan oleh anak-anak secara bergiliran,” kata Dasmaulina, Selasa (14/3/2023).


Dikatakannya untuk lebih mengedukasi anak didik maka pidato motivasi belajar sengaja dikemas dalam berbagai bahasa di dunia, seperti saat ini disampaikan dalam bahasa Inggris, Spanyol dan Indonesia sekaligus.


“Sebuah inovasi sederhana, mengajarkan anak didik untuk berani mencoba hal baru, berani berbicara dalam sebuah forum,” tuturnya.


SMP N 1 Kerajaan dalam memberikan pengajaran bagi anak didiknya di nilai mampu melihat jauh kedepan.


Bahwa sebuah generasi di masa datang adalah mereka yang cakap dalam segala bidang, tidak hanya menguasai disiplin ilmu tertentu.


“Anak-anak kita ajar menurut kemampuan dan karakter mereka, ada yang suka olahraga kita kembangkan ke arah sana, bakat seninya bagus kita dorong juga, kemampuan akademiknya bagus kita bantu juga, begitu seterusnya termasuk penguasaan berbagai bahasa asing ini, sangat bermanfaat menurut kami kelak di masa datang,” jelas Dasmauli.


Semenatra itu Bupati Pakpak Bharat sebelumnya mengatakan Konsep Generasi Emas harus benar-benar diaplikasikan di Sekolah.


Pelajar benar-benar dibangun dan dipersiapkan menghadapi tantangan di masa datang.


Berikut penggalan pidato motivasi belajar dari Gracelia Silaban langsung diterjemahkan oleh Engge Berutu dan Evlo Berutu.


- Belajar bukan hanya tentang mendapatkan nilai sempurna, tetapi juga tentang bagaimana kita menyikapi sesuatu hal. Cita-cita, impian, dan tujuan merupakan suatu faktor yang mengakibatkan tumbuhnya motivasi belajar bagi kita.


Maka buat dan bentuklah cita-cita dan impianmu, supaya hal itu menjadi motivasi untuk belajar, belajar dan belajar.


Belajar memang melelahkan, tetapi ada kata-kata bijak untuk kita semua,


“ Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar, maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan”,- Imam Syafii-


Penulis : Rudi

Editor : Gib