Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Kamis, 23 Maret 2023, 17:43 WIB
Last Updated 2023-03-23T10:47:13Z
TOBATPLUlos

TPL Apresiasi Kunjungan Ketua PKK Toba

Foto bersama. (Foto/James Sirait).

TOBA - nduma.id


Komisaris Utama PT. TPL Ignatius Ari Djoko Purnomo, mengapresiasi kunjungan Ketua TP. PKK Kabupaten Toba Rita Marlina Sitinjak di Desa Pangombusan Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba.


Istri Bupati Kabupaten Toba, Poltak Sitorus Itu dikatakan berkunjung pada  Kamis 16 Maret 2023 lalu untuk melihat pembuatan ulos dengan pewarna alami.


Ignatius Ari Djoko Purnomo mengaku senang dapat membangun hubungan baik dengan pemerintah dan mengembangkan para penenun yang ada di Kabupaten Toba. 


“Perusahaan selalu terbuka untuk menjalin dan membangun hubungan komunikasi dengan semua pihak," katanya, Kamis (23/3/2023).


Kunjungan itu disebut menjadi contoh keterbukaan perusahaan.


"Kunjungan dari Ibu Rita menjadi salah satu contoh keterbukaan perusahaan dan TPL siap mendukung program pemerintah dalam pembangunan kepada masyarakat di sekitar,” ujar Ignatius.


Sebelumnya pada Kamis 16 Maret 2023 lalu, Perusahaan PT. Toba Pulp Lestari (TPL) menerima kunjungan istri Bupati Kabupaten Toba Poltak Sitorus Rita Marlina Sitinjak di Desa Pangombusan kecamatan Parmaksian, 


Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Kabupaten Toba itu diterima Komisaris Utama PT TPL, Ignatius Ari DJoko Purnomo, Direktur Anwar Lawden, Community Development & Media Relation Manager 


Hemlan Silaen dan Stakeholder Relation Mill Coordinator Jerry Tobing.


Dalam kunjungannya, Rita melihat kegiatan Kriya Ulos dengan Pewarna Alami yang dilakukan oleh kaum wanita dan berkunjung ke mini exhibition di guest house TPL. 


Disana Rita katanya mengucapkan terimakasih kepada TPL karena sudah mau berkontribusi untuk meningkatkan ekonomi para penenun ulos yang ada di Kabupaten Toba dengan  melaksanakan kegiatan pelatihan kepada penenun ulos. 


Rita juga mengaku terkesan dengan proses pembuatan ulos yang menggunakan bahan alami sebagai pewarnanya. 


“Ternyata Kabupaten Toba sangat kaya akan pewarna alam yang bisa dikreasikan sebagai motif ulos modern dan lewat kreatifitas yang sangat baik ini," ujar Rita saat itu.


Dia berharap banyak penenun muda yang semakin ingin mengembangkan hasil tenunan ulos Toba.


Kemudian Rita juga tertarik dengan pemaparan mengenai mini exhibition dan melihat alur proses pembuatan produksi pembuatan pulp yang ada di TPL. 


Rita yakin dengan kehadiran TPL di Toba akan memberikan dampak positif khususnya kepada masyarakat setempat.


Disamping itu, beliau menyampaikan pentingnya peranan perusahaan swasta dalam mendukung sektor pariwisata dan ekonomi terkhusus TPL yang berada di Kabupaten Toba. 


Danau Toba yang menjadi ikon daerah dan salah satu destinasi wisata super prioritas ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia, harus mendapat dukungan dari perusahaan-perusahaan di sekitar. 


Ia juga berharap agar inovasi dan kreatifitas dari pengembangan teknologi TPL dapat lebih maju lagi karena hal ini dapat meminimalisir isu negatif yang ada di luaran. 


Penulis : James Sirait 

Editor : Rudi