Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Jumat, 31 Maret 2023, 01:13 WIB
Last Updated 2023-04-02T18:20:00Z
DemontrasiKaro

Warga Desa Mbal Mbal Petarum Demo Kantor DPRD dan Bupati Karo

Warga menggelar aksi Demo. (Foto/Istimewa)


KARO, Kabanjahe – nduma.id


Ratusan warga yang berasal dari Desa Mbal Mbal Petarum Kecamatan Lau Baleng Kabupaten Karo Sumatera Utara aksi Demo ke Kantor Bupati Karo, Kamis 30 Maret 2023.


Mereka meminta kepada Pemkab Karo untuk mempertimbangkan kembali perda nomor 03 tahun 2021 tentang lahan pengembalaan hewan ternak di Desa mereka. 


Karena akibat alih fungsi lahan menjadi lokasi Pengembalaan ini, mereka tidak lagi bisa bertani.


Koordinator aksi Rendi Sembiring menjelaskan bahwasanya pasca penertiban tidak ada solusi yang diberikan oleh pemkab karo kepada masyarakat  yang bertani  padahal kelangsungan hidup masyarakat berasal dari pertanian.


"Hampir dua pekan, Pemkab Karo telah menertibkan lahan tersebut, sama sekali belum ada solusi terkait permasalahan ini," kata Rendi.


Dikatakannya di areal seluas 682 hektar lahan pengembalaan itu terdapat dusun rambah Gelonggong dan dusun Payambelang yang mayoritas warganya merupakan petani, dan akibat dari pengembalian fungsi lahan ini sebgai lahan pengembalan, masyarakat disana tidak bias lagi bertani.


Asisten II Pemkab Karo, Dapat Kita Sinulingga yang menerima para demonstran mengatakan, para pimpinan Pemkab Karo sedang berada di luar kota.


"Seluruh pimpinan sedang berada di luar kota, sehingga belum dapat memberikan jawaban," kata Dapat.


Para pendemo kemudian membubarkan diri dengan rasa kecewa.


Sebelumnya mereka melakukan aksi di halaman DPRD Karo di Jalan Veteran, Kabanjahe.


Namun, saat menyampaikan aspirasinya, warga tidak mendapatkan jawaban langsung dari ketua maupun anggota DPRD Karo. Sehingga, mereka melanjutkan aksinya ke Kantor Bupati Karo dengan berjalan kaki seraya membentang spanduk.


Aksi di kawal ketat petugas kepolisian dan Satpol PP.


Penulis : Bayu

Editor : Rudi