Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Minggu, 30 April 2023, 10:51 WIB
Last Updated 2023-05-03T03:55:36Z
KaroMenteri Dalam NegeriOtonomi Daerah

Pemkab Karo Peringati Hari Otonomi Daerah ke-XXVII Tahun 2023

Bupati karo memimpin upacara. (Foto/Istimewa)

KARO, Kabanjahe – nduma,id


Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXVII tahun 2023 di Kabupaten Karo Sumatera Utara di peringati Pemerintah Kabupaten Karo dengan menggelar upacara di halaman Kantor Bupati Karo, Sabtu 29 April 2023.


Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang bertindak sebagai inspektur upacara mengusung tema "Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul".


Amanat Menteri Dalam Negeri yang dibacakan Bupati Karo.


Dia menyampaikan, upacara peringatan hari Otonomi Daerah ini mengingatkan kembali dan memahami esensi filosofis dari diterapkannya otonomi daerah yang saat ini genap berusia 27 tahun.


"Tujuan dilaksanakannya otonomi daerah dengan mendesentralisasikan sebagian kewenangan, sejatinya untuk menjadikan daerah mencapai kemandirian fiskal dengan menggali berbagai potensi sumber daya yang dapat meningkatkan pendapatan asli daerah serta memacu terjadinya percepatan dan pemerataan pembangunan," ucap Bupati Karo.


Apresiasi dan terima kasih di lontarkan kepada daerah-daerah otonom baru yang telah berhasil meningkatkan PAD dan kemampuan fiskalnya.


"Pada kesempatan yang baik ini, izinkan saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada daerah-daerah otonom baru yang telah berhasil meningkatkan PAD dan kemampuan fiskalnya. Peningkatan tersebut diharapkan agar dimanfaatkan untuk program pembangunan dan kesejahteraan rakyat, sehingga dapat meningkatkan angka IPM, menurunkan angka kemiskinan, meningkatkan konektivitas serta akses infrastruktur yang baik dan lain-lain," tambahnya.


Upacara peringatan hari Otonomi Daerah ini turut dihadiri jajaran Forkopimda Kabupaten Karo beserta para pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karo.


Penulis : Raden

Editor : Rudi