PM

PM

Rimso

Rimso
Senin, 03 April 2023, 18:27 WIB
Last Updated 2023-04-03T11:27:25Z
Normalisasi SungaiPerum Jasa TirtaTOBA

Perum Jasa Tirta I Normalisasi Sungai Aek Mandosi Porsea

Lokasi normalisasi. (Foto/James Sirait)

TOBA-nduma.id


Perusahaan Umum (Perum) Jasa Tirta kembali melakukan kegiatan normalisasi di Sungai Aek Mandosi SUB-DAS Patane II Pasar Porsea Kabupaten Toba, Rabu (29/03/2023).


Normalisasi sungai  kali ini merupakan upaya untuk menjaga luapan sungai yang kerap menimbulkan banjir di kota Porsea serta menggurangi kesan kota tampak terhindar dari pandangan kumuh.  


Camat Porsea Edward Sidabutar mengatakan normalisasi sungai Aek Mandosi sangat perlu dilakukan karena saat musim penghujan sangat rawan banjir.


Sebab sungai yang membelah Kota Porsea, katanya kerap mengalami penyempitan sendimen akibat gerusan debit air saat musim penghujan yang ujung ujungnya menyumbat drainase di Kota Porsea.


Mantan Lurah Pasar Porsea itu juga menyampaikan pengerukan serta pembersihan sungai di jantung kota Porsea amatlah dibutuhkan demi menciptakan lingkungan kota yang bersih dan asri. 


Dirinya berharap pengerjaan pembersihan sungai tersebut bisa berjalan lancar dan masyarakat dapat memberikan ruang dan gerak sehingga kegiatan normalisasi berjalan lancar.


"Kita mendukung upaya normalisasi oleh Perum Jasa Tirta I pada sungai Aek Mandosi. Setelah normalusasi ini maka kita akan segera menikmati suasana kota yang lebih sehat. Mudah mudahan normalisasi ini dapat selesai secepatnya" ujar Edward.


Warga Porsea Robert Pangaribuan yang turut menyaksikan normalisasi itu mengucapkan terimakasih atas kegiatan normalisasi sungai yang dilakukan Perum Jasa Tirta I.


Dia menyebut dengan adanya  normalisasi dan pengerukan maka sungai di kota Porsea akan semakin bersih serta pengerukan sungai itu adalah bagian dari keluhan warga selama ini, katanya.


"Dengan adanya normalisasi ini pak, banjir diharapkan akan berkurang bahkan tidak lagi terjadi seperti tahun sebelumnya apabila hujan melanda kota Porsea," ungkapnya.


Perlu diketahui Perusahaan Umum (Perum) Jasa Tirta I adalah sebuah badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak di bidang pengelolaan sumber daya air dengan wilayah kerja perusahan meliputi lima Wilayah Sungai (WS) yakni: Brantas, Bengawan Solo, Serayu-Bogowonto, Toba-Asahan, serta Jratunseluna (Jragung, Tuntang, Serang, Lusi, dan Juana).


Penulis : James Sirait

Editor : Rudi