SMSI

SMSI
Senin, 03 April 2023, 17:31 WIB
Last Updated 2023-04-03T10:31:52Z
Normalisasi SungaiTOBATPL

TPL Bantu Normalisasi Sungai di 4 Desa

Foto bersama di lokasi sungai yang akan di normalisasi. (Foto/James Sirait).

TOBA-nduma.id


PT. Toba Pulp Lestari (TPL) melakukan normalisasi aliran sungai di Kecamatan Parmaksian Kabupaten Toba.


Normalisasi ini sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan.


Dukungan normalisasi berupa alat berat diserahkan langsung oleh Alexander Sitorus dan Maria Pasaribu, Community Development (CD) Officer TPL 


Diterima perwakilan desa masing-masing, Baktiar Hutapea (Kepala Desa Sintong Marnipi), Timbang Sianipar (Kepala Desa Pardomuan Sianipar), Jisman Sitorus (Kepala Desa Lumban Sitorus) dan Tagor Manurung (Kepala Desa Lumban Huala).


“Normalisasi ini tujuannya agar memperbaiki aliran sungai dan dinding sungai sehingga tidak meluap lagi jika hujan deras turun," kata Alexander Sitorus, Senin, (3/4/2023).


Dia berharap dengan normalisasi masyarakat dapat kembali beraktifitas dengan normal. 


"Semoga dukungan perusahaan ini bermanfaat kepada masyarakat desa,” ujarnya.


Mewakili management TPL, Alexander menyampaikan dukungan ini dilakukan untuk peningkatan dan pengendalian kondisi sungai yang rusak, mengembalikan fungsinya seperti semula.


Ia meyakini dengan dilakukannya normalisasi sungai, akan meminimalisir banjir yang kerap terjadi disaat musim penghujan tiba.


Salah satu penyebab rusaknya aliran sungai dikatakan mayoritas di akibatkan tingginya curah hujan sehingga terjadi banjir, pendangkalan sungai, rusaknya dinding drainase sungai dan pengairan ke persawahan masyarakat terkendala.


Salah satu penyebab rusaknya aliran sungai dikatakan mayoritas di akibatkan tingginya curah hujan sehingga terjadi banjir, pendangkalan sungai, rusaknya dinding drainase sungai dan pengairan ke persawahan masyarakat terkendala.


Sebanyak 4 Desa dikatakan  menerima dukungan Normalisasi Aliran Sungai,  yaitu Desa Pardomuan Sianipar, Kecamatan Silaen - sepanjang 2 Kilometer, Desa Sintong Marnipi, Kecamatan Laguboti sepanjang - 800 Meter (Kecamatan Laguboti)


Desa Lumban Sitorus, Kecamatan Parmaksian - sepanjang 250 Meter


Desa Lumban Huala, Kecamatan Parmaksian - sepanjang 300 Meter.


Sementara pihak pemerintah Desa Lumban Huala  menyampaikan pelaksanaan normalisasi Bondar Pangan Lobu, Lumban Tonga-tonga, Dusun I, Desa Lumban Huala ini dikarenakan ada keluhan dari masyarakat akibat banjir saat musim hujan dan mengganggu persawahan. 


Sebagai pemerintah setempat mereka mengusulkan permohonan dukungan kepada perusahaan agar dapat membantu dalam menangani dampak banjir dari deras air saat musim hujan.


“Kami Pemerintah Desa Lumban Huala dalam hal ini mewakili masyarakat desa, mengucapkan terima kasih kepada TPL atas dukungan normalisasi ini," katanya.


Dukungan itu dikatakan menjadi bukti nyata kepedulian perusahaan terhadap masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan.


Penulis : James Sirait

Editor : Rudi