Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Senin, 03 April 2023, 17:03 WIB
Last Updated 2023-04-03T10:03:06Z
Jalan NasionalPakpak BharatPUPR

Pembangunan Akses Aornakan - Pagindar Pakpak Bharat di Segerakan

Bupati Pakpak Bharat di Kementerian PUPR. (Foto/Istimewa).

Pakpak Bharat, Salak - nduma.id


Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor mengunjungi Kantor Kementerian PUPR RI.


Dia membahas tindak lanjut keluarnya Intruski Presiden RI tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah, termasuk pembangunan jalan penghubung Aornakan-Pagindar-Watas Provinsi NAD.


"Mungkin dalam minggu ini Tim kami melalui Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional akan turun melakukan survey, melakukan pemetaan dan penghitungan lebih detail," kata Kepala Sub Koordinator Jalan Daerah, Kementerian PUPR RI, Ande A.S saat menerima Bupati Pakpak Bharat, Senin (3/4/2023).


Ande menjelaskan sesuai Instruksi Presiden yang tertuang dalam Inpres nomor 3 Tahun 2023, pembangunan jalan penghubung Aornakan-Pagindar sampai batas Aceh (NAD) akan segera ditindak lanjuti.


Dijelaskan pembangunan itu dalam rangka percepatan peningkatan konektivitas jalan Daerah.


Harapannya memberikan manfaat maksimal dalam mendorong perekonomian Nasional maupun Daerah, menurunkan biaya logistic nasional.


Menghubungkan dan mengintegrasikan dengan sentra-sentra ekonomi, dan membantu pemerataan kondisi jalan yang mantap.


Ini sebagai upaya mendukung pencapaian target Rencana pembangunan Jangka Menengah Nasional tahun 2023-2024.


Sebelumnya Presiden RI, H Joko Widodo telah mengeluarkan Istruksi Presiden RI yang ditujukan kepada Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Menteri PUPR, Menteri Keuangan, Menteri Dlam Negeri, para Gubernur dan para Bupati/Walikota, guna membantu pembangunan konektivitas Jalan Daerah.


Bupati Pakpak Bharat berharap dengan telah terbitnya Inpres ini akan membantu upaya mempercepat peningkatan mutu dan kualitas jalan penghubung Aornakan-Pagindar sampai batas Aceh (NAD).


"Ini sangat penting untuk mendukung peningkatan perekonomian khususnya di Kecamatan Pagindar, sangat penting mengingat besarnya potensi yang dimiliki kecamatan ini yang selama ini tidak bisa dinikmati oleh masyarakat karena sulitnya akses jalan kesana," jelas bupati.


Penulis : Obah

Editor : Rudi