Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Senin, 03 April 2023, 12:43 WIB
Last Updated 2023-04-03T05:43:50Z
HoltikulturaPakpak BharatPertanian

Kembangkan 10.000 Hektar Lahan, Pakpak Bharat Konsep PHLN ADB

Suasana sosialisasi HDDAP. (Foto/Istimewa).

PAKPAK BHARAT, Salak - nduma.id


Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat melalui Sekretaris Daerah Pakpak Bharat, Jalan Berutu membuka sosialisasi "Horticulture In Dryland Areas Project (HDDAP)".


Sosialisasi yang digelar di Aula Kantor Bappelitbangda Pakpak Bharat itu dalam rangka persiapan proyek Pinjaman Hibah Luar Negeri Asian Development Bank (PHLN ADB) kepada Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat.


Guna membantu pengembangan 10.000 Hektar lahan di Kabupaten Pakpak Bharat untuk menjaga stabilisasi ketersediaan tanaman hortikultura.


"Saya titip pesan untuk teman-teman yang terlibat dalam kegiatan ini, kita mau program ini benar-benar dihitung dengan cermat, direncanakan dengan sebaik-baiknya, ini demi kesejahteraan para petani kita," pesan Jalan Berutu, Senin (3/4/2023).


Direktorat Sayuran dan Tanaman Obat, Kementerian Pertanian RI rencananya akan membantu pengembangan 10.000 Hektar areal pertanian menjadi kawasan hortikultura khususnya di wilayah Kabupaten Pakpak Bharat melalui program ini.


Beberapa hal penting yang menjadi topik bahasan dalam sosialisasi diantaranya program kegiatan HDDAP seluas 10.000 ha, identifikasi target produksi, calon offtaker dan Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) di Kabupaten Pakpak Bharat.


Hadir dalam acara ini Koordinator Kelompok Bawang Merah dan Sayuran umbi pada Direktorat Jenderal Horticultura, Kementerian Pertanian RI yang memaparkan tentang "Horticulture Development of Dryland Areas Project" (Proyek Pengembangan Hortikultura Lahan Kering).


Penulis : Obah

Editor : Rudi