Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Sabtu, 01 April 2023, 00:25 WIB
Last Updated 2023-04-04T17:28:16Z
DikcapilHumbahas

Sinergitas, Dukcapil Serahkan Akta Kematian di Acara Adat

Penyerahan Akta kematian. (Foto/Itimewa)

HUMBAHAS, Doloksanggul - nduma.id


Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Humbang Hasundutan sudah melakukan aktivasi Simpelokemendes (Sistem Pelayanan Online Akta Kematian Desa) untuk 153 desa ditambah 1 kelurahan di wilayah Humbang Hasundutan. Aktivasi tersebut Sejak Februari 2022. 


Kadis Dukcapil Jara Trisepto Lumbantoruan mengatakan sejak 7 Februari 2022 sesuai SK Kadis Dukcapil Nomor 6 tahun 2022 tentang SIMPELOKEMDES sebagai tindak lanjut Peraturan Bupati Humbang Hasundutan Nomor 1 tahun 2022 tentang inovasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan. 


"Dinas Dukcapil sudah melaksanakan aktivasi  Simpelokemendes," tandasnya. 


Dikatakannya, aktivasi Simpelokemendes harus ada kerjasama dengan semua pemerintah desa, kelurahan dan masyarakat sebagai pemohon, Dinas Dukcapil  telah menyerahkan  pembagian Buku Pokok Pemakaman (BPP) sebanyak 145 buku. 


“Pada hari ini, Jumat 31 Maret 2023 saya telah menyerahkan Akta Kematian Robet Hutasoit (Op. Pavel).  Kemudian menyerahkan Kartu Keluarga dan KTP baru yang statusnya cerai mati kepada Korryta Hutabarat sebagai istri Robet Hutasoit pada saat acara adat. Seperti ini bisa kami lakukan ketika ada kerjasama seluruh elemen masyarakat. Kami tidak bisa bekerja sendiri, Kepala Desa harus ikut berperan aktif dalam program ini. Bisa dilaporkan kepada kami kalau ada seperti ini, maka keperluan untuk itu kami proses," jelas Lumbantoruan, (Jumat (31/3/2023). 


Penyerahan itu kadis bersama pegawai Dinas Dukcapil yaitu Pandapotan Siregar, Desi Winda Sari Manurung dan Marlina Simamora didampingi Kepala Desa Hutasoit I Kecamatan Lintongnihuta Liston Hutasoit 


Kadis menambahkan bagi masyarakat yang memerlukan layanan Simpelokemendes, silahkan menghubungi  Desi Winda Sari Manurung (HP/WA 0853 6116 6095).


Penulis : Arifin

Editor : Rudi