Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Sabtu, 13 Mei 2023, 12:29 WIB
Last Updated 2023-05-14T05:32:19Z
BasarnasKapal TerbakarSergai

ABK Kapal KM Lucky di Temukan Meninggal Dunia

Tim SAR evakuasi korban. (Foto/Istimewa).

Sergai - nduma.id


Anak Buah Kapal (ABK) KM. Lucky Star yang hilang 

di Sekitar Perairan Pulau Berhala Kabupaten Serdang Bedagai ditemukan.


Joni (42) warga Dusun 2 Desa Sei Jawi-jawi Kabupaten Serdang Bedagai itu ditemukan kondisi meningal dunia oleh nelayan lain.


Kepala Kantor Basarnas Medan Budiono, mengatakan sejak informasi kejadian tersebut dilaporkan ke Pos SAR Tanjung Balai Asahan, pihaknya langsung menurunkan tim untuk melakukan pencarian.


Pencarian menggunakan Kapal SAR KN. SAR Sanjaya yang standby di Dermaga Panton Tanjung Balai Asahan.


"Penyisiran dilakukan mulai dari sekitar lokasi kejadian hingga mengarah ke Pelabuhan Belawan dan tetap melakukan koordinasi kepada setiap kapal-kapal yang melintas di sekitar Perairan Pulau Berhala dan Belawan," sebut Budiono, Sabtu (13/5/2023).


Jumat 12 Mei 2023 Basarnas kemudian menerima informasi bahwasanya korban telah ditemukan oleh nelayan yang melintas berjarak sekitar 1 NM dari lokasi kejadian. 


Selanjutnya langsung melakukan koordinasi dan penjemputan.


" Hingga akhirnya malam tadi sekitar pukul 00.50 WIB tim yang membawa korban tiba di Dermaga Pelabuhan Panton Tanjung Balai Asahan selanjutnya menyerahkan korban kepada pihak keluarga," kata Budiono.


Sebelumnya, di kabarkan Minggu, 7 Mei 2023 seorang ABK KM. Lucky Star hilang di Sekitar Perairan Pulau Berhala pasca kapal yang gunakan mengalami kebakaran.


Peristiwa terjadi pada Sabtu, 6 Mei 2023 Kapal beserta 15 orang ABK berangkat dari Pelabuhan Tanjung Balai Asahan untuk melaut mencari cumi, namun naas pada Minggu, 7 Mei 2023 sekitar pukul 20.00 WIB,  disekitar Pulau Berhala kompor masak yang sedang digunakan tiba-tiba meledak dan menyebabkan kebakaran. 


Saat kejadian korban terpental hingga jatuh kelaut dan hilang sedang 14 ABK lainnya berhasil menyelamatkan diri.


Informasi kejadian tersebut akhirnya dilaporkan ke Pos SAR Tanjung Balai Asahan guna melakukan pencarian. 


Penulis : Raden

Editor : Rudi