Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Minggu, 21 Mei 2023, 19:02 WIB
Last Updated 2023-05-21T12:08:35Z
DairiKaroPelantikanPMS

Besarkan PMS di Dairi, Robert Ginting Lantik Pengurus di 15 Kecamatan

Robert Ginting menyerahkan petaka. (Foto/Istimewa).

DAIRI, Tigalingga - nduma.id


Pelantikan Pengurus Pemuda Merga Silima (PMS) 15 Kecamatan, Pema PMS dan Satgas PMS berlangsung meriah di Kecamatan Tigalingga, Kabupaten Dairi Sumatera Utara, Sabtu 20 Mei 2023.


Seribuan orang tumpah menyaksikan prosesi itu.


Pelantikkan dilakukan langsung oleh Ketua DPD PMS Kabupaten Dairi, Robert Ginting.


Robert mengaku siap membesarkan organisasi itu di Kabupaten Dairi.


Meski di akuinya selama menjabat sebagai ketua PMS Kabupaten Dairi, Ia berada dibawah tekanan.


Meski demikian niat dan tekat memajukan adat budaya Karo tak membuatnya gentar.


Karena itu Dia mengajak warga Karo di Kabupaten Dairi untuk sama-sama membesarkan PMS di Kabupaten Dairi.


"Terus terang saya sebagai ketua DPD Pemuda Merga Silima Kabupaten Dairi dan semua pengurus berada dibawah tekanan, mohon maaf bukan saya mengeluh soal itu. Saya rindu adat dan budaya karo ini dimajukan untuk itu saya akan terus berjuang dan pantang menyerah," tegasnya.


Sebagai organisasi ke sukuan, PMS dikatakan hadir untuk menjadi pemersatu harmoni keberagaman di Kabupaten Dairi.


"Pemuda Merga Silima itu bukan organisasi politik tidak usah ditakuti, saya pegawai negeri anak buah pak bupati dan anak buah wakil bupati. Sekretaris saya juga sama dengan saya pegawai negeri sipil," ucap Robert.


Robert mengaku saat di bentuk, kepengurusannya banyak yang mundur, namun Dia tak merinci alasan pengurus mundur.


Dikatakannya hanya karena beberapa hal.


Tapi situasi itu bukan malah membuat Robert gentar, Dia malah makin semangat memajukan adat dan budaya karo di Kabupaten Dairi melalui organisasi PMS.


Bupati Dairi diwakili Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapeda) Swasta Ginting mengajak pengurus PMS yang baru dilantik untuk berbuat memajukan PMS sebagai organisasi kesukuan. 


"Bagaimana supaya PMS berkembang di desa dan kecamatan begitu juga di kabupaten, mari bersama-sama memajukan Kabupaten dairi," ucapnya.


Swasta mengajak PMS untuk bisa bersama - sama mengembangkan adat dan budaya suku Karo di Kabupaten Dairi.


"Untuk mengembangkan adat suku Karo ini tugas kita bersama, termasuk Pemuda Merga Silima, bagaimana cara untuk mengembangkan adat dan suku Karo kita harus sering berdiskusi bersama terlebih kepada tokoh yang mengerti mengenai adat dan budaya karo," ungkapnya.


Pelantikan PMS berlangsung meriah menampilkan hiburan oleh artis Karo dan lomba vokal Karo, dikuti peserta mulai dari SD, SMP dan Dewasa  digelar sehari sebelumnya.


Pelantikan turut dihadiri Pembina PMS Kabupaten Dairi, Anwar Sani Tarigan, Idul Fitri Tarigan, Ketua Parbato Dairi, Jogi Tambunan, Bacaleg DPRD Provinsi Alfryansah Ujung, Camat Tigalingga, Untung Anak Ampun, para Kepala Desa, Tokoh adat, tokoh masyarakat.


Hadir juga ketua Gaja Mada Kabupaten Dairi, Markus Purba, Ketua Ferrari Kabupaten Dairi, Supri Silalahi, Organisasi MPI dan undangan lainnnya.


Penulis : Iwan

Editor : Rudi