Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Jumat, 26 Mei 2023, 08:46 WIB
Last Updated 2023-05-30T01:48:06Z
DairiSmart City Expo

Bupati Dairi Hadiri Indonesia-China Smart City Expo 2023 di Jakarta

Bupati Dairi foto bersama di acara Indonesia-China Smart City Expo 2023. (Foto/Istimewa)

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Event Indonesia-China Smart City Expo 2023 berlangsung di Hotel Shangri La, Jakarta, 24 hingga 26 Mei 2023.


Acara dibuka langsung Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia Bahlil Lahadalia.


Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menghadiri langsung acara itu.

“Kita berharap event ini dapat melahirkan investor-investor baru dari luar yang mau berinvestasi di Indonesia. secara khusus kita ingin juga mereka berinvestasi di Kabupaten Dairi. Bisa saja, event ini jadi ajang pemulihan serta kebangkitan ekonomi nasional pasca pandemi kan,” ujar Eddy Berutu di hari pertama kegiatan.


Eddy mengaku senang berkesempatan bisa hadir.


Selain menjadi sarana bertukar informasi, edukasi, dan promosi potensi daerah, event ini, menurut Bupati, akan mampu memberikan peluang mendapatkan mitra terbaik yang mau berinvestasi di Kabupaten Dairi.


Dikatakan, ada hampir 50 perusahaan yang berpartisipasi dalam expo itu.


Di antaranya perusahaan manufaktur yang berteknologi tinggi, perusahaan dari Guangdong yang berkarakteristik spesialis, istimewa, dan baru.


“Saya kira kesempatan ini bagus bagi Kabupaten Dairi. Berbagai potensi komoditi seperti kopi Sidikalang yang bila diolah, dikemas lebih baik dan strategi pemasarannya juga dipikirkan lebih matang, saya yakin akan mampu memasuki pasar internasional dengan jumlah ekspor yang lebih masif,” ujarnya.


Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dalam sambutannya mengatakan melalui kegiatan Indonesia-China Smart City Technology & Investment Expo 2023 diharapkan mampu menciptakan kolaborasi dalam rangka peningkatan investasi.


Bahlil menjelaskan bahwa untuk jadi negara maju, Indonesia tidak bisa sendiri dalam upaya mewujudkan hilirisasi.


Maka dari itu, Indonesia membuka peluang sebesar-besarnya untuk berkolaborasi dengan negara manapun yang memenuhi syarat untuk melakukan kerja sama.


Sebagai informasi, Indonesia-China Smart City Expo 2023, pameran smart city pertama ini, diinisiasi oleh Perhimpunan Indonesia-Tiongkok (INTI) berkolaborasi dengan Kadin Indonesia Komite Tiongkok (KIKT), China ASEAN Information Harbor dan GOFA.


Event diisi dengan beragam kegiatan, seperti exhibition, conference, investment opportunities, dan solution matching forum.


Penulis : Raden

Editor : Rudi