Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Sabtu, 06 Mei 2023, 12:38 WIB
Last Updated 2023-05-06T05:38:35Z
DairiKekayaan intelektualSosialisasi

DJKI Sosialisasi Soal Kekayaan Intelektual di Dairi

Bane Raja Manalu bersama Bupati Dairi. (Foto/Istimewa).

DAIRI, Sidikalang - nduma.id


Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu membuka Sosialisasi Kekayaan Intelektual dalam rangka Peningkatan dan Penguatan Pelayanan Publik Kekayaan Intelektual.


Kegiatan itu bersama Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) menghadirkan Staf khusus Kemenkumham, Bane Raja Manalu, yang digelar di GOR Sidikalang, Jumat 5 May 2023.


Di acara itu Eddy mengaku mendukung penuh upaya DJKI dan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara dalam mewujudkan pelayanan publik yang optimal, cepat, tepat, ekonomis, serta diimbangi dengan penyediaan akses layanan informasi yang beragam.


"Kita semua sudah memiliki hak intelektual lewat usaha, hasil pemikiran kita dan ide kreatif, namun belum tentu sudah terlindungi. Maka segeralah lindungi, daftarkan usaha anda agar terlindungi secara hukum," tegas Bupati.


Dikatakan Eddy ini menjadi tantangan bagi pemerintah untuk meningkatkan kesadaran pentingnya kekayaan intelektual, dan hak paten bagi setiap bidang usaha yang di tekuni.


"Kital lihat masyarakat begitu antusias, ini harus kita tangkap sebagai satu peluang untuk meningkatkan pelayanan kita pada masyarakat. Hak kekayaan intelektual inipun harus kita lindungi agar bisa bermanfaat bagi generasi penerus kita dimasa mendatang," katanya bupati.


Sementara itu Bane Raja Manalu menyampaikan ada korelasi besar antara kemajuan suatu negara dengan peningkatan perlindungan Kekayaan Intelektual. 


Disebut sosialisasi itu adalah upaya Kemenkumham untuk menaikkan kelas para pelaku usaha di Indonesia.


"Kekayaan Intelektual memiliki peranan yang sangat penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi suatu negara. Kemudian yang kedua, Kekayaan Intelektual berfungsi sebagai Nation Branding sekaligus competitive advantage bagi suatu negara khususnya negara yang memiliki keunggulan Kekayaan Intelektual Komunal," tutur Bane.


Bane mengajak seluruh masyarakat Dairi terlebih khusus anak-anak muda, pemilik usah untuk terus berinovasi dan berkreasi demi kemajuan bangsa dan negara. 


"Dairi sebagai kota Kopi yang terkenal harus ada kolaborasi antar instansi pemerintah, dalam hal ini DJKI melalui Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara dengan Pemerintah Daerah, dapat membantu menyebarluaskan layanan Kekayaan Intelektual di berbagai wilayah serta mendekatkan layanan kepada masyarakat", kata Bane kemudian.


Penulis : Rade

Editor : Rudi