Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Jumat, 05 Mei 2023, 23:01 WIB
Last Updated 2023-05-05T16:42:33Z
DairiDPR RIPertanian Organik

Kunjungan ke Dairi, Djarot Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh

Djarot Syaiful Hidayat saat menghadiri Bimtek. (Foto/Fajar).

DAIRI, Sidikalang - nduma.id


Anggota DPR RI Komisi IV dari PDIP, Djarot Syaiful Hidayat menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas petani dan penyuluh, Jumat 5 May 2023.


Giat itu di gelar di aula Hotel Mutiara Dairi Jalan Perluasan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, Jumat 5 May 2023.


Disana Djarot menjelaskan pentingnya keberadaan penyuluh pertanian lapangan (PPL) sebagai ujung tombak pembangunan pertanian.


"PPL sebagai ujung tombak pembangunan pertanian," kata Djarot.


Bimtek itu di gelar khusus pada peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam pertanian organik.


"Pertanian organik ini, agar supaya kita tidak mengimpor terus pupuk kimia," sebutnya.


Kata Djarot bahan-bahan pupuk organik di negara kita melimpah, mulai dari kotoran ternak, limbah dari sayur-sayuran dan daun-daunan semak serta rerumputan.


Karena itu peningkatkan kapasitas petani organik ini sangat penting.


Yusra Lestari dari Politeknik Pembangunan Pertanian Medan mengatakan, para peserta Bimtek ini merupakan angkatan ke V untuk petani organik.


"Genta organik ini meliputi pemanfaatan pupuk organik, pupuk hayati, dan pembenahan tanah dan penerapan pupuk berimbang sebagai solusi terhadap masalah pupuk mahal," sebut Yusra.


Dijelaskannya, pertanian organik juga mendukung program Kementerian Pertanian, yakni Genta Organik atau Gerakan pertanian pro organik.


Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu menyebut pertanian menjadi sektor yang paling kompleks, karena banyak variabel yang tidak bisa dikontrol oleh petani, contohnya alam.


"Alam sangat berpengaruh terhadap kegiatan pertanian," ujarnya.


Untuk hasil pertanian Dairi, kata Eddy Berutu pemkab Dairi sudah bekerja sama dengan pemerintah kota Medan 


"Wali kota Medan juga sudah menandatangani kerjasama untuk menampung hasil pertanian Dairi, seperti cabai sesuai harga yang telah disepakati," terang Eddy Berutu.


Bimtek itu menghadirkan narasumber Koster Torihoran dari Petani Organik Desa Perjuangan, Kecamatan Sumbul dan Sukaida Angkat Kabid PPL Dinas Pertanian Dairi.


Penulis : Fajar

Editor : Rudi