Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Kamis, 18 Mei 2023, 14:42 WIB
Last Updated 2023-05-18T07:42:14Z
DairiPKK

Kader Posyandu Dairi Terima Penghargaan Perempuan Berjasa dan Berprestasi

Foto bersama usai menerima penghargaan. (Foto/Istimewa).

DAIRI, Sidikalang - nduma.id


Kader posyandu dari Kabupaten Dairi Ratna Juita Kudadiri meraih penghargaan sebagai Perempuan Berjasa dan Berprestasi Bidang Kesehatan tingkat nasional tahun 2023.


Penghargaan diberikan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) untuk lima bidang, yakni bidang pendidikan, kesehatan, sosial budaya, lingkungan hidup, dan pertanian.


Ratna menerima penghargaan tersebut di bidang kesehatan sebagai kader posyandu. 


Hebatnya, Ratna menjadi satu-satunya perempuan asal Sumatera Utara yang menerima penghargaan tersebut.


Penghargaan diberikan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dalam acara Hari Kesatuan Gerak PKK ke-51, Rabu, 17 Mei 2023 di Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Medan.


Ketua Tim Penggerak PKK Dairi Romy Mariani Simarmata mengatakan ini hal yang membahagiakan, apa yang dilakukan Ratna sebagai kader posyandu akan menjadi inspirasi bagi kader posyandu lainnya khususnya di Dairi.


“Kita bayangkan mereka bekerja secara sukarela tanpa digaji. Ini patut kita hargai, karena terpilih setelah melalui berbagai tahapan seleksi dari penyelenggara," kata Romy.


Sementara itu, Ratna br. Kudadiri, warga Desa Parbuluan III, Kecamatan Parbuluan, Kabupaten Dairi, mengaku sebagai kader posyandu sejak tahun 2000.


Diceritakannya, awal sebagai kader posyandu karena sering menjadi pendata kesehatan warga.


“Saat itu saya belum menikah, lama kelamaan menjadi terbiasa menjadi pendata dan menikmati pekerjaan ini. Sekarang saya sudah menikah, keluarga sangat mendukung penuh saya sebagai kader posyandu," tutur wanita yang sehari hari berprofesi sebagai petani.


Penulis : Raden

Editor : Rudi