Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Kamis, 04 Mei 2023, 11:37 WIB
Last Updated 2023-05-04T04:37:11Z
KasadNasionalTNIYayasan Kartika

KASAD Luncurkan Logo Yayasan Kartika Mutiara dan Serahkan Bantuan

Foto bersama di yayasan Kartika Mutiara. (Foto/Istimewa).

Malang - nduma.id


Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dr. H. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. mengunjungi Yayasan Kartika Mutiara, Rabu 3 Juni 2023 siang.


Yayasan ini di bawah binaan Komando Rayon Militer (Koramil) 0818/07 Pakisaji, di Jalan Raya Pakisaji Nomor 31, Jatirejo, Pakisaji, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Jawa Timur.


Koramil Pakisaji membuat halaman markasnya sebagai tempat anak-anak menuntut ilmu dan pelatihan keterampilan. 


Selain meresmikan peluncuran logo yayasan, Jenderal Dudung juga memberikan sejumlah bantuan, modal usaha sebesar Rp 50 juta serta tali asih berupa kursi roda, tongkat dan mesin pencuci motor. 


Hal tersebut diberikan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Rahma Setyaningsih Dudung Abdurachman kepada ketua yayasan Khosiah.


Dalam pesannya, Jendral  Dudung berharap anak-anak mendapatkan kesempatan dan hak yang sama, utamanya dalam bidang pendidikan. 


"Terus semangat dan jangan pernah menyerah. Selain itu jangan pernah berhenti untuk berbuat baik dan selalu bersyukur," kata Jenderal Dudung.


Yayasan itu berdiri sejak 27 Januari 2017 dan terus menjadi wadah untuk memenuhi hak anak-anak tunanetra, tuli, cerebral palsu, tunagrahita untuk bisa mendapat pendidikan dan pengetahuan sesuai kebutuhan.


Salah satu pengurus, Endang Kartika mengatakan saat ini ada 179 anak yang mendapatkan pelatihan dan keterampilan.


"Belajarnya seminggu 3 kali. Selasa, Kamis, Sabtu, mulai jam 2 sampai jam 5. Ada pelajaran membaca, menulis, menghitung, olahraga, membatik ciprat, membuat keset, tas daur ulang dari bungkus kopi kemasan, masakan, makanan ringan, jamu, hingga telor asin. Penjualannya kini masih untuk warga disekitar," katanya.


Dia mengapresiasi atas perhatian KASAD.


"Kunjungan dan bantuan ini membuat kami, anak anak dan orangtua lebih bersemangat lagi," tambahnya.


Selanjutnya, hal yang sama juga diutarakan pembina lainnya, Babinsa Serda Tri Joko. 


"Semoga dengan keterampilan yang didapat, anak-anak bisa mendiri dan lebih percaya diri. Semakin hari banyak anak yang datang untuk bergabung agar mendapat pengetahuan dan pendidikan. Kami menyambut gembira karena wadah ini bisa memberi kebaikan bagi lebih banyak  anak," tuturnya.


Penulis : Raden

Editor : Rudi