Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Kamis, 11 Mei 2023, 08:14 WIB
Last Updated 2023-05-18T01:20:25Z
BantuanPakpak BharatPetani

Pemkab Pakpak Bharat Apresiasi Kelompok Tani Mborgang, Mampu Kembangkan Bantuan Pemerintah

Petani usai merawat tanaman kentangnya. (Foto/Istimewa)

PAKPAK BHARAT, Salak – nduma.id


Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian mengapresiasi para petani yang di nilai mampu mengembangkan bantuan-bantuan yang di salurkan pemerintah.


Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pakpak Bharat, Adei Johan Banurea, mengatakan bantuan pemerintah itu ibarat umpan pancing.


“Para petani yang berhasil mengembangkan bantuan-bantuan yang kita berikan tentu sangat kita apresiasi, ini yang kita harapkan, artinya dengan memberikan umpan pancingan, para petani kita cepat bergerak bangkit,” ungkap Adei Johan banurea, Selasa (9/5/2023).


Salah satu yang di apresiasi adalah kelompok tani Mborgang.


Dimana kelompok ini mampu membudidaya tanaman kentang yang merupakan bantuan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Tahun 2022 lalu.


“Tanaman kentang di sini cukup bagus, ini berkat keuletan para petani juga, disamping itu kita terus melakukan pendampingan dan edukasi, tentang cara bertanam kentang yang masih tergolong baru dibudidayakan petani di sini,” jelas Kepala bidang Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Edy Jonter Pandiangan.


Pantauan di lapangan, tanaman kentang itu mulai memasuki tahap pembentukan umbi yang diperkirakan akan panen 55 hari kedepan.


“Mudah-mudahan kedepannya Kelompok kami bisa mendapat bantuan lagi,” ucap seorang anggota Kelompok Tani Mborgang.


Penulis : Raden

Editor : Rudi