KADIS LH

KADIS LH

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Jumat, 25 Agustus 2023, 18:13 WIB
Last Updated 2023-08-26T12:58:55Z
Bantuan SosialToba Kebakaran

2 Rumah Terbakar di Lumban Julu, Toba

Bupati Toba saat memberikan bantuan. (Foto/Istimewa).

TOBa -nduma.id


Dua unit rumah di Desa Jangga Dolok, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba ludes terbakar, Kamis malam 24 Agustus 2023.


Salah satu dari rumah tersebut merupakan milik Kepala Desa, Blikman Manurung, sedangkan satu rumah lainnya ada milik saudaranya, Jese Manurung yang tidak dihuni.


Selain dua rumah tersebut, dua unit rumah tetangga milik Piktor Manurung dan Manatap Simangunsong juga terdampak. 


Tidak ada korban jiwa akibat kebakaran tersebut, namun harta benda tidak ada yang berhasil diselamatkan. 


"Beruntung Pemadam Kebakaran dari Porsea tidak terlambat, sehingga rumah tegangga tidak terbakar namun hanya terdampak," ujar Camat Lumban Julu Besron Dolok Saribu saat mendampinggi Bupati Toba Poltak Sitorus ketika mengunjungi korban, Jumat sore 25 Agustus 2023 sekaligus menyerahkan bantuan. 


Kepala Dinas Sosial Kabupaten Toba, Lalo Simanjuntak menyampaikan bantuan yang diberikan adalah sandang, pangan dan bahan bangunan. 


Beras 30 Kg, telur 30 butir, minyak 1 Kg, gula 1 Kg, bubuk teh susu kaleng mie instan dan beberapa kebutuhan pangan lainnya. 


Sementara bahan bangunan dan sandang yang diberikan adalah seng 35 lembar, triplek 10 lembar, semen 10 zak, paku, broti, tenda, selimut, kasur dan beberapa jenis sandang lainnya. 


"Memang ini masih jauh dari kebutuhan. Namun itulah dulu yang bisa kami berikan, semoga dapat membantu Bapak-Ibu, menguatkan Bapak-Ibu," sebut Kadis Sosial, Lalo Hartono Simanjuntak. 


Kepada keluarga korban, Bupati Toba menyampaikan ucapan belasungkawa dan doa menguatkan para korban. 


Beliau menyampaikan bahwa kehadiran pemerintah tidak sekadar menyampaikan bantuan, namun juga sebagai tanda bahwa pemerintah juga turut merasakan kesedihan yang dirasakan oleh korban dan keluarga. 


"Pemerintah hadir menyampaikan rasa empati kami. Apa yang bapak rasakan juga kami rasakan. Ini tentunya sangat berat untuk dirasakan, apalagi bapak juga sebagai kepala desa," ujarnya. 


Usai meninjau korban dan tenda darurat yang didirikan, bupati meminta agar camat segera berkoordinasi dengan BPBD untuk memperbaiki tenda darurat tersebut agar lebih layak huni. 


"Ini masih basah. Tolong Pak Camat segera koordinasi dengan BPBD agar ini diperbaiki. Nanti dibuatkan papan untuk duduk atau tidur di sini biar berjarak dari tanah supaya tidak basa," minta Bupati kepada camat.


Penulis : James Sirait

Editor : Rudi