Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Kamis, 31 Agustus 2023, 09:06 WIB
Last Updated 2023-09-01T02:08:14Z
BanjirDairiPenanggulangan Bencana

Akses Rusak Akibat Banjir di Respon Cepat BPBD Dairi

Pengerjaan perbaikan badan jalan pasca di hantam banjir. (Foto/Istimewa).

DAIRI, Sidikalang-nduma.id


Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dairi gerak cepat menangani kerusakan gorong-gorong dan amblasnya tembok penahan tanah (TPT) di Dusun Lau Belin, Desa Kuta Buluh, Kecamatan Tanah Pinem.


BPBD juga langsung melakukan perbaikan kerusakan jalan dari Simpang Lau Petundal menuju Dusun Lau Petundal, Desa Pamah, serta perbaikan sumber air baku untuk masyarakat di Dusun Pamah I, Desa Pamah, Kecamatan Tanah Pinem, Kabupaten Dairi.


Kepala BPBD Dairi Hotmaida Butar-butar, Rabu 30 Agustus 2023, di Sidikalang, mengatakan beberapa titik jalan tersebut amblas pada Minggu 27 Agustus 2023 lalu.


Curah hujan tinggi menyebabkan beberapa titik jalan amblas.


“Untuk Dusun Lau Belin, amblas 10 meter. Jadi untuk mencegah terisolirnya masyarakat, maka atas perintah Bupati Dairi Eddy Berutu, bahwa kita harus melakukan penanganan secepat mungkin, sehingga jangan sampai mengganggu keselamatan dan aktivitas masyarakat, kita langsung kerjakan pada Senin 28 Agustus 2023 kemarin,” katanya, Rabu (30/8/2023).


Penanganan darurat dilakukan dengan memasang gorong-gorong baja (corrugated steel pipe) diameter 1 meter sepanjang 6 meter.


Selanjutnya, untuk jalan simpang Lau Patundal menuju Dusun Lau Patundal, Desa Pamah,  juga telah selesai dikerjakan, dengan penanganan darurat memasang gorong-gorong baja diameter 1 meter sepanjang 6 meter.


“Simpang  Lau Patundal menuju Dusun Lau Patundal, amblas 8 meter. Tapi semuanya sudah kita lakukan penanganan darurat Sehingga saat ini sudah bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. Selain itu, sumber air baku untuk masyarakat di Dusun Pamah I, Desa Pamah juga sudah kita tangani dengan baik,” tuturnya.


Penulis : Luhut

Editor : Rudi