Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Kamis, 03 Agustus 2023, 07:48 WIB
Last Updated 2023-08-03T01:35:16Z
budayaKaroPagelaran Seni

Meriah, Bupati Ngelandek Bersama Warga Karo di Asahan

Bupati Karo dan Wakil Ketua DPRD Karo ngelandek bersama. (Foto/Istimewa).

KARO, Kabanjahe – nduma.id


Pagelaran Seni Budaya Daerah (PSBD) ke-V Tahun 2023 Kabupaten Asahan “Etnis Karo” berlangsung meriah di hadiri Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang.


Pagelaran dilaksanakan di Lapangan PSBD Kisaran, Kabupaten Asahan, Selasa 1 Agustus 2023.


DI acara itu, Bupati Karo bersama Wakil Ketua DPRD Karo, Davit Kristian Sitepu, menyapa seluruh masyarakat Karo yang hadir.


Bupati Karo mengapresiasi masyarakat Karo di Kabupaten Asahan, apalagi dengan berdirinya Jambur yang terletak di area PSBD Kisaran.


“Dengan berdirinya jambur di Kabupaten Asahan ini, menunjukkan bahwa orang Karo yang ada di asahan ini telah menunjukkan kekompakannya bersatu padu membuat dan melestarikan budaya adat istiadat masyarakat Karo pada umumnya. Ini patut kita apresiasi dan semoga dapat menjadi contoh kepada masyarakat-masyarakat kita khususnya yang ada di luar Kabupaten Karo,” ucap bupati.


Pagelaran Seni Budaya Daerah itu bertujuan untuk mempertahankan dan melestarikan nilai-nilai budaya masyarakat Karo sekaligus menyampaikan informasi budaya dan Etnis Karo kepada seluruh masyarakat Kabupaten Asahan.


Di Hadapan Bupati Asahan, H. Surya, dan Forkopimda Kabupaten Asahan, serta seluruh tokoh masyarakat yang hadir di acara tersebut, Bupati Karo menyampaikan terima kasih dan apresiasi karena telah diberikan ruang untuk menampilkan dan memperkenalkan budaya Karo ditengah-tengah masyarakat Asahan.


“Atas nama masyarakat dan pemerintah Kabupaten Karo, saya sangat bersyukur dan berterima kasih karena kami diberi kesempatan untuk menampilkan pertunjukan Etnis Karo di daerah Asahan kita tercinta ini, sehingga Kabupaten Karo mendapatkan tempat untuk lebih mengenalkan Budaya Karo ditengah-tengah masyarakat Asahan.” ucap Cory.


Dia berharap melalui pertunjukan itu dapat menjadi awal mempererat hubungan persaudaraan sesama etnis di Sumatera Utara dan menambah kecintaan masyarakat Asahan atas Budaya Karo sehingga nantinya dapat menambah wawasan dalam mengenal budaya masing-masing.


Pagelaran Seni Budaya Daerah Ke-V Kabupaten Asahan Tahun 2023 itu berlangsung sejak tanggal 22 Juli 2023 sampai 6 Agustus 2023.


Mengusung tema “Merawat Kebhinekaan Seni dan Budaya Demi Terwujudnya Masyarakat Asahan yang Berkarakter”.


Rangkaian kegiatan diantaranya menari bersama diselingi penampilan-penampilan atraksi kebudayaan dari seni budaya Karo dan penampilan artis-artis Karo.

 

Bupati Karo dan Wakil Ketua DPRD Karo jug tampak menari “landek” bersama masyarakat di sana.


Penulis : Raden

Editor : Rudi