Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Kamis, 17 Agustus 2023, 21:04 WIB
Last Updated 2023-08-17T14:04:22Z
HUT RIPaskibraTOBA

Perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan RI Berlangsung Meriah di Toba

 

Petugas paskibra menerima baki. (Foto/Istimewa).

TOBA-nduma.id


Perayaan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia berlangsung meriah di Kabupaten Toba. 


Rangkaian acara  dimulai dengan pemberian remisi bagi para warga binaan pemasyarakatan Rutan Kelas II B Balige, selanjutnya melaksanakan upacara penaikan bendera merah putih yang dilaksanakan di Venue F1H2O Lapangan Sisingamangaraja XII , Balige, Kamis 17 Agustus 2023.


Dalam upacara, Bupati Toba, Poltak Sitorus bertindak sebagai pembina sementara Ipda Jefriadi Silaban bertindak sebagai pemimpin barisan.


Peserta diikuti Forkopimda, ASN, pemuda, TNI, Polri, masyarakat dan para siswa mulai dari TK/PAUD, SD, SMP, SMA yang ada di Kecamatan Balige dan Kecamatan Tampahan. 


Usai pelaksanaan upacara penaikan bendera merah putih,  kemudian dilanjutkan dengan defile oleh para pelajar mulai dari tingkat TK/PAUD hingga SMA.  Barisan defile dibuka prajurit TNI, Polri, Satpol-PP dan kemudian disusul oleh anak-anak TK/PAUD. 


Sepanjang barisan, para pelajar membawa bendera merah putih sambil melakukan berbagai atraksi, terutama atraksi baris-berbaris dan drumband sembari berteriak 'merdeka' yang disambut riuh oleh masyarakat di sepanjang jalan.


Barisan para pelajar juga mempertunjukkan pagelaran seni dan budaya lewat kostum yang mereka kenakan. 


Selain para pelajar, defile juga diikuti komunitas sanggar seni yang menampilkan berbagai atraksi budaya seperti tortor, mossak Batak dan fashion show. 


Rute defile sendiri dilakukan mulai dari lapangan Sisingamangaraja XII - Jalan Bukit Barisan Siliwangi- Jl. T.DPardede-Jl. Patuan Nagari- Jl. Raja Paindoan-JL. Gereja- Jl.Sisingamangaraja -Jl. DI Pandjaitan-Jl. MuliaRaja dan finish di Lapangan Sisingamangaraja XII. 


Antusiasme masyarakat yang memadati sepanjang rute perjalanan menyaksikan parade defile semakin menyemarakkan HUT ke-78 RI, terlebih anak-anak TK/PAUD dengan busana yang sangat menarik dan berdandan layaknya para remaja, semakin menarik perhatian masyarakat Kota Balige. 


Usai parade defile, acara kemudian dilanjutkan dengan beraneka hiburan seperti tortor oleh pelajar SMP, Vocal grup maupun vokal solo. 


Acara hiburan ini terus berlangsung.


Pada pukul 17.00 WIB digelar  upacara penurunan bendera merah putih oleh anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra). Wakil Bupati Toba, Tonny M.Simanjuntak  bertindak sebagai pembina upacara.


Usai upacara penurunan bendera, acara hiburan kembali dilanjutkan, seperti lomba merias istri dengan mata tertutup dan sejumlah lomba berhadiah lainnya. 


Usai rangkaian acara perayaan HUT ke-78 RI, Bupati Toba, Poltak Sitorus didampingi Wakil Bupati, Tonny M. Simanjuntak dan Sekretaris Daerah, Augus Sitorus menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas suksesnya pelaksanaan HUT ke-78 RI.


 "Terima kasih kepada semua pihak upacara HUT ke-78 RI berjalan sukses, semua masyarakat bisa bergembira. Semuanya bisa mempersembahkan yang terbaik," sebutnya. 


Kegembiraan pada perayaan HUT ke-78 RI diharapkan dapat diteruskan dengan mengisi hal-hal baik ke depan.


 "Jangan lagi kita selalu pesimis tetapi optimis. Para pejuang kita sudah memperjuangkan kemerdekaan ini. Tugas kita adalah mengisinya dengan segenap hati, segenap akal budi dan segenap kekuatan kita," lanjutnya. 


Hal-hal baik yang dimaksud oleh Poltak Sitorus adalah, bahwa saat ini Kabupaten Toba masuk dalam Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP) maka seluruh masyarakat wajib mempersiapkan diri untuk menyambut para wisatawan yang akan datang ke Toba. 


"Supaya masyarakat atau wisatawan yang datang ke sini dapat kenangan yang baik. Seperti 'Toba' itu adalah Tempat Orang Berwisata Asyik. Jadi harus kita buat pelayanan yang asyik," katanya. 


Pada kesempatan itu, Poltak Sitorus juga menyampaikan bahwa November 2023 mendatang akan ada event jetbski atau aqua bike bertaraf internasional. Dirinya meminta agar seluruh masyarakat dalam dan luar daerah datang beramai-ramai ke Toba untuk menyaksikan perlombaan tersebut. 


Penulis : James Sirait

Editor : Rudi