Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Jumat, 29 September 2023, 21:04 WIB
Last Updated 2023-09-29T18:46:21Z
Pajak Bumi dan BangunanSiantar

Meriah, Pemko Siantar Gelar Gebyar Door Prize Lunas Pajak Bumi dan PBB-P2

Penerima Door Prize di acara Gebyar Door Prize Lunas Pajak Bumi. (Foto/Istimewa).

SIANTAR - nduma.id


Pemko Siantar menggelar Gebyar Door Prize Lunas Pajak Bumi dan Bangunan-Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) tahun 2023.


Acara berlangsung di lapangan parkir Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kota Pematang Siantar, Jalan Merdeka, Jumat 29 September 2023.


Dihadiri Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA diwakili Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Junaedi Sitanggang SSTP Msi.


dr Susanti dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Junaedi Sitanggang menyampaikan PBB-P2 merupakan salah satu jenis pajak yang dipungut di kota Pematang Siantar yang sejak 1 Januari 2013, yang pengelolaannya dilimpahkan oleh pemerintah pusat ke pemerintah daerah. 


Sebagai daerah otonom, lanjutnya, dengan dilaksanakannya pelimpahan pengelolaan tersebut, tentu pemerintah daerah memiliki tanggung jawab dan kewenangan yang mutlak.


Sebagai bentuk upaya untuk melaksanakan tanggung jawab dan kewenangan tersebut, Pemerintah Kota Pematang Siantar selalu berupaya menciptakan terobosan-terobosan serta memperbaiki pelayanan sehingga diharapkan dapat meningkatkan realisasi penerimaan pajak daerah pada sektor PBB-P2.


"Namun tentunya upaya tersebut tidak akan berjalan secara optimal jika tidak didukung oleh peran serta masyarakat Kota Pematang Sianțar yang notabene sebagai wajib pajak PBB-P2, yang juga sekaligus penerima manfaat pembangunan di daerah," terang dr Susanti. 


Oleh sebab itu, sambungnya, untuk meningkatkan antusias dan memberikan kegembiraan kepada masyarakat Kota Pematang Siantar dalam melaksanakan kewajiban, yaitu membayar PBB, Pemko Pematang Siantar melaksanakan kegiatan Gebyar Door Prize Lunas PBB-P2 Kota Pematang Siantar Tahun 2023.


Pada kesempatan ini, dr Susanti  menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Kota Pematang Siantar yang telah melaksanakan kewajibannya dengan membayar PBB-P2, dan seluruh pihak yang telah menunjukkan dedikasinya untuk membangun dan memajukan Kota Pematang Siantar. 


"Tidak lupa juga kepada PT Bank Sumut Cabang Koordinator Pematang Siantar dan PT STTC, saya sampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas komitmennya dalam mendukung program dan kegiatan pembangunan Pemko Pematang Sianțar menuju Pematang Siantar yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas," tukasnya.


Sementara itu, Kepala BPKPD Kota Pematang Siantar Arri S Sembiring SSTP MSi dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini bermaksud memotivasi serta mengedukasi masyarakat Kota Pematang Siantar dalam memenuhi kewajiban PBB-P2.


Kegiatan ini juga, sambungnya, bertujuan agar terpacunya minat masyarakat Kota Pematang Siantar dalam membayar PBB-P2 dengan tepat waktu.


Sehingga realisasi penerimaan PBB-P2 dapat tercapai secara optimal.


"Serta memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada masyarakat yang telah membayar PBB-P2 sebelum jatuh tempo," tutur Ari.


Masih kata Arri, peserta yang berhak mengikuti undian Gebyar Door Prize Lunas PBB-P2 Kota Pematang Siantar Tahun 2023 adalah 100 wajib pajak PBB-P2 yang telah mendapatkan door prize setelah melakukan pembayaran PBB-P2 Kota Pematang Siantar secara tunai ke loket pembayaran pajak daerah pada kantor BPKPD selama September 2023.


Arri menyampaikan, realisasi penerimaan PBB-P2 per tanggal 27 September 2023 sebesar Rp5.223.856.587, terdapat kenaikan jika dibandingkan dengan realisasi penerimaan PBB-P2 per 27 September 2022 sebesar Rp5.010.910.220.


Door Prize yang dibagikan yakni 1 unit televisi 43', 1 unit sepeda, 1 unit kompor gas 2 tungku, 3 unit kompor gas 1 tungku, dan sejumlah hadiah menarik lainnya.


Hadir pada kegiatan ini, para Asisten dan Staf Ahli, sejumlah camat dan lurah, Pimpinan Bank Sumut Cabang Koordinator Pematang Siantar Suhardi Sembiring, serta  perwakilan PT STTC.


Penulis : Ari

Editor : Rudi