Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Jumat, 29 September 2023, 16:03 WIB
Last Updated 2023-09-29T09:03:12Z
DairiPKKStunting

Tim PKK Kabupaten Dairi Gelar Dapur Sehat Atasi Stunting

Ketua PKK Dairi memantau langsung giat memasak. (Foto/Istimewa).

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Dapur sehat atasi stunting (Dashat) di gelar di Desa Pegagan Julu VII, Kecamatan Sumbul, Rabu 27 September 2023 lalu. 


Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Romy Mariani Simarmata mengatakan dapur sehat sangat berperan mengatasi stunting. 


Dapur sehat atasi stunting dimaksud dilakukan melalui pelatihan masak kepada keluarga resiko stunting (KRS) oleh kader Dashat. 


Pelatihan tersebut diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas P3AP2KB Dairi.


Dalam kegiatan tersebut, Romy Mariani mengatakan stunting pada dasarnya adalah terganggunya tumbuh kembang anak yang tidak sesuai dengan umurnya serta terhambatnya perkembangan kepintaran anak. 


Hadirnya kegiatan pelatihan masak kepada keluarga risiko stunting di desa ini karena sesuai dengan data yang diperoleh, angka stuntingnya yang masih sangat tinggi atau 30 anak.


Sehingga melalui pelatihan ini diharapkan angka stunting tersebut dapat diturunkan melalui pemberian asupan makanan yang sehat dan bergizi kepada anak-anak.


“Pemberian makanan yang sehat dapat diperoleh dari hasil tanaman yang ditanam baik itu di pekarangan rumah ataupun di ladang. Asupan gizi juga harus didapatkan sejak dini yaitu saat kehamilan seorang ibu. Stunting lebih baik dicegah sejak dini sebelum anak lahir,” ujar Romy Mariani. 


Sementara itu kepada ibu-ibu yang sudah melahirkan, Romy berpesan agar selalu memberikan makanan yang bergizi kepada anaknya. 


“Jika anak-anak sehat, keluarga pastinya akan bahagia. Sebelum anak-anaknya sehat, ibunya terlebih dahulu harus sehat,” ucapnya.


Adapun pelatihan yang diberikan adalah memasak tiga menu, yaitu sop daging ayam, kolak pisang, serta sop buah. 


Penulis : Luhut

Editor : Rudi