Iklan Header

Sabtu, 02 September 2023, 15:46 WIB
Last Updated 2023-09-02T10:36:56Z
DairiProyek APBDSidak

Kosultan Komit Proyek di Bongkaras Berkwalitas, Kontraktor Harapkan Wabup Dairi Turun ke Proyek Lain

Proyek di Desa Sibongkaras dalam proses pengerjaan. (Foto/Istimewa).

DAIRI, Silima Pungga pungga - nduma.id

Pasca di sidak Wakil Bupati Dairi Jimmy AL Sihombing, Proyek Rekonstruksi di Desa Sibongkaras Kecamatan Silima Pungga-pungga Kabupaten Dairi Sumatera Utara, Konsultan proyek mengatakan kwalitas pengerjaannya bagus.


Proyek itu Rekonstruksi Jalan Dusun II (Sikolombun) menuju Dusun III (Panapal) Desa Bongkaras Kecamatan Silima Pungga - Pungga.


Berbiaya Rp 917.122.000,- bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Dairi tahun anggaran 2023, dikerjakan CV Agung Sriwijaya.


"Kita rutin turun kemari melakukan pengawasan," kata Fernando Bancin, konsultan pengawas, Sabtu (2/9/2023).


Di jumpai nduma.id di lokasi pekerjaan, Fernando menyebut progres pekerjaan per tanggal 29 Agustus 2023 sudah mencapai 48 persen.


Dibenarkan ada di lakukan perbaikan di beberapa titik.


"Ada bangunan yang di bongkar sekitar 30 Meter, itu menindak lanjuti surat teguran yang kita layangkan sebelumnya," tandas Fernando.


Di target pekerjaan akan selesai 150 hari kerja, sesuai dengan kontrak.


Proses pengerjaan proyek di desa Sibongkaras. (foto/Istimewa).

Sedangkan Bernadus Naibaho, kontraktor di proyek itu mengatakan pengerjaan tentu di lakukan sesuai dengan perencanaan.


"Sesuai dengan yang dianjurkan pihak konsultan pengawas, maka seperti itu kita kerjakan, kalaupun ada yang kurang kita perbaiki," katanya.


Terkait sidak Wakil Bupati ke lokasi kemarin, Bernadus sangat mengapresiasi.


Aksi-aksi seperti itu katanya wajar di lakukan seorang pimpinan untuk Kabupaten Dairi yang lebih Unggul.


Hanya saja sidak itu diharapkannya tidak tebang pilih.


Dia berharap aksi turun ke lokasi proyek dilakukan Wakil Bupati Dairi Jimmy AL Sihombing ke proyek lainnya mengawasi kwalitas pekerjaan dan K3.


"Kalau ada yang tidak bagus atau tidak sesuai maka kita perbaiki, karena ini masih proses pengerjaan. Kita pastikan kerjaan kita bagus hingga selesai," tandas Bernadus.


Sebelumnya Aksi survey lapangan, turun ke lokasi proyek dilakukan Wakil Bupati Dairi Jimmy AL Sihombing pada 24 Agustus 2023 lalu.


Kepada awak media, Jumat  25 Agustus 2023, Politisi PDI P itu mengaku akan turun ke proyek lainnya untuk mewujudkan Program Dairi Unggul.


Mendukung kinerja Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu.


"Kalau sudah sesuai teknis maka hasilnya kan akan memenuhi kwalitas bang. Supaya Dairi unggul itu bisa tercapai. Enggak cuma SDM tapi kwalitas mutu di lapangan juga harus benar-benar," ujar Jimmy di sambangi wartawan di ruang kerjanya, Jumat (25/8/2023).


Jimmy mengaku tak mau proyek-proyek Program Dairi Unggul di kerjakan tidak sesuai standar.


Karena itu katanya, Jimmy turun ke lokasi proyek di desa Bongkaras Silima Pungga-pungga pada 24 Agustus 2023 lalu.


"Kita bang enggak mau pekerjaan ini asal jadi. Jadi mutu dan kwalitas betul-betul terjamin. Jangan nanti 2 tahun lagi runtuh," tuturnya.


"Seperti yang di Bongkaras, ini kan dana dari pusat. Kita mau pekerjaan ini jalan dengan baik dan kwalitasnya juga baik. Karena ini kan nanti untuk menunjang aktivitas di masyarakat juga. Mangkanya kita cek ke lapangan, sesuai dengan standart enggak. Harus betul-betul sesuai dengan perencanaan," tandasnya.


Sebelumnya tahun 2022 lalu Wakil Bupati Dairi Jimmy AL Sihombing juga pernah dibuat berang saat turun ke lokasi dua proyek bendungan yang dikerjakan asal-asalan.


Keduanya yakni proyek bendungan Sinta Mardonggan di Desa Lae Panginuman dan Bonian di Kecamatan Silima Pungga-Pungga.


Kedua bendungan itu di biayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBD tahun 2021.


Sayangnya aksi itu sampai sekarang tak ada tindak lanjutnya bahkan tak tersentuh Aparat Penegak Hukum.


"Tahun lalu saya  juga pernah ke proyek bendungan. Irigasi itu menurut saya total los karena air itu buat mengaliri sawah sekarang jadi tanaman jagung," ujar Jimmy bangga.


Penulis : Rudi
Editor : Son