Pertanian

Pertanian

Pendidikan

Pendidikan

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Minggu, 15 Oktober 2023, 14:39 WIB
Last Updated 2023-10-15T07:40:06Z
BPJSDairiLaka Lantas

Siswa SMP Terjatuh Dari Truk, Pemkab Dairi Respon Cepat

Dokter menjelaskan kondisi RAM kepada keluarga. (Foto/Istimewa). 

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Seorang siswa SMP jatuh dari truk yang di tumpangi sepulang sekolah, Jumat 13 Oktober 2023.


Korban berinisial RAM (13).


Camat Berampu Ramadhayani Brampu menceritakan tangan RAM terlepas dari kendaraan yang ditumpanginya hingga akhirnya terjatuh menghantam aspal dan mengenai kepala bagian belakang. 


Usai kejadian, korban segera dibawa ke Puskesmas Berampu dalam kondisi tidak sadarkan diri. 


Setelah mendapatkan perawatan dari UPT Puskesmas Berampu, RAM dirujuk ke RSUD Sidikalang untuk mendapatkan penanganan lebih intensif.


“ Tiba di rumah sakit kondisi kesadaran 4-6 glasgow coma scale (GCS). Kemudian dokter menyarankan agar pasien dirujuk karena dikhawatirkan ada pendarahan di kepala," kata Camat.


Sayangnya pasien tak terdaftar sebagai peserta BPJS, sehingga atas inisiatif Kepala Dinas Kesehatan dan Direktur RSUD, pasien didaftarkan dalam program non register,” katanya. 


Karena pasien masuk program non register, kata Ramadhayani, maka terlebih dahulu harus didaftarkan oleh Pemkab Dairi melalui Dinas Sosial ke pihak provinsi.


“Pukul 10 malam, pendaftaran yang kita usulkan diterima oleh pihak provinsi. Namun rumah sakit yang menerima pasien register hanya ada tiga yaitu RSUP Adam Malik, RSU Haji Medan, dan RSU Dr. Pringadi. Namun kondisi ketiga rumah sakit ini sedang penuh, sehingga diputuskan untuk memasukkan pasien ke ICU RSUD Sidikalang,” sebutnya.


Dinas Sosial dikatakan sudah mengeluarkan surat keterangan yang menjelaskan bahwa RAM tidak terdaftar dalam BPJS, sehingga diperlukan surat pernyataan agar RAM dapat mendapat pengobatan melalui program Non Register.


Saat ini sudah terdaftar di data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) sejak tahun 2021.


Artinya sudah kita usulkan sebagai penerima bantuan termasuk BPSJ atau KIS.


Direktur RSUD Sidikalang Pesalmen Saragih menjelaskan kondisi RAM sudah lebih baik dibandingkan saat pertama kali tiba di RSUD Sidikalang. 


Usai mendapat perawatan, kata Pesalmen, kini tingkat kesadaran RAM berada pada angka 11-12 CGS dari angka maksimal 15. 


“Setelah pasien masuk RSUD, Bupati Eddy Berutu memberikan instruksi agar langsung dilakukan penanganan yang maksimal untuk pasien, dan telah kami tindaklanjuti oleh tim IGD dan dokter spesialis. 


"Dan pagi ini kita mendapat informasi bahwa pasien sudah dapat diterima di RSU Haji Medan dan sekarang kami sedang mengurus proses rujukannya,” katannya.


Mendapat respons cepat dari Pemerintah Kabupaten Dairi, Danres Manalu, orang tua RAM, menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak terkait yang telah memberikan pelayanan dan usaha terbaik dalam menangani kasus RAM.


Penulis : Luhut

Editor : Rudi