Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Minggu, 26 November 2023, 23:27 WIB
Last Updated 2023-11-26T16:27:27Z
NasionalPasar MurahPermindo

28 November 2023, PERMINDO Pasar Murah di Jakarta Selatan

Flayer pasar murah.

Jakarta - nduma.id


Memperingati Hari Guru 25 November 2023, Perwakilan Revolusi Mental Indonesia (Permindo)  menggelar Pasar Murah bersama Badan Pangan Nasional dan sejumlah perusahaan mitra.


Pasar murah ini di jadwal pada Selasa 28 November 2023 mendatang, di Pelataran Masjid Baitul Hasan RT.02/RW 01 Kelurahan Jagakarsa, Jakarta Selatan, dimulai pukul 08.00 WIB hingga selesai.


Selain memperingati hari guru, pasar murah ini juga bertujuan menjaga ketersediaan pangan di masyarakat.


"Ini salah satu upaya kita untuk menjaga ketersediaan pasokan bahan pangan di tengah masyarakat yang semakin meruncing," kata Ketua Umum Permindo, Joel Sinaga, Minggu (26/11/2023).


Apalagi 5 bulan terakhir dikatakannya semua merasakan musim yang tidak menentu.


Cuaca panas menyebabkan produksi pertanian turun berdampak harga komoditas pertanian naik cepat. 


Pasar murah diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mendapatkan bahan pangan yang terjangkau dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.


"Namun, pasar murah sebaiknya lebih menyasar juga ke masyarakat rentan miskin, terutama pada masa-masa harga melonjak," sebut Joel Sinaga. 


Khusunya kata Joel difokuskan pada masa-masa harga melonjak seperti menjelang tahun baru, bulan puasa ataupun hari raya.


Karena itu peran serta aktif dari masyarakat dan pemerintah sangat dibutuhkan, menggerakkan masyarakat dalam program ketahanan pangan. 


Masyarakat juga di nilai Joel harus mulai memberdayakan diri dalam mengelola pekarangan.


"Memanfaatkan lingkungan di sekitar, atau bagi yang tidak memiliki lahan, dapat bergabung dengan lahan pertanian kelompok," tandasnya.


Dalam program pasar murah ini, PERMINDO juga menyalurkan 50 paket pangan secara gratis yang berisi beras, minyak goreng, dan gula kepada para guru lansia dan anak guru yang yatim piatu.


Ini sebagai bentuk penghormatan atas jasa para guru yang telah memberikan sumbangsih besar dalam pendidikan.


Kegiatan Pasar Murah yang diawali inisiatif PERMINDO dan kontribusi dari berbagai pihak ini akan dilaksanakan secara bertahap di wilayah Jakarta Selatan. 


Program ini merupakan yang pertama kali dilakukan dan jika berjalan sesuai rencana, akan dilaporkan kepada pemerintah.


Pasar murah diagendakan akan dihadiri Ketua Pembina PERMINDO Erwin Kissinger Bach, Pembina PERMINDO Ali Wongso Halomoan Sinaga, Ketua Umum PERMINDO Joel Sinaga, jajaran DPP PERMINDO serta masyarakat Jakarta Selatan.


Penulis :  Rudi

Editor : Son