Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Senin, 27 November 2023, 15:37 WIB
Last Updated 2023-11-29T08:41:43Z
Hari Guru NasionalPakpak BharatPendidikan

Bupati Pakpak Bharat Ramaikan Peringatan Hari Guru Nasional 2023

Bupati Pakpak Bharat berseragam Pakpak acara Hari Guru Nasional. (Foto/Dok.Kominfo Pakpak Bharat).

PAKPAK BHARAT – nduma.id


Peringatan Hari Guru Nasional digelar bukan hanya untuk merayakan atau menghormati para pendidik, namun sekaligus menjadi momen untuk merenung, mengenang, dan menghargai peran serta dedikasi yang diberikan oleh para pahlawan tanpa tanda jasa ini.


Karena itu Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor, turut hadir dalam peringatan Hari Guru Nasional dipusatkan di Lapangan Merdeka, Kota Binjai, Sumatera Utara, Senin 27 November 2023.


Upacara Bendera diadakan, dipimpin oleh Pejabat Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin.


Dalam pidatonya, Hassanudin menyampaikan beberapa program terobosan yang dilakukan, seperti program Merdeka Belajar yang memberikan kepercayaan kepada guru untuk menilai hasil belajar muridnya.


Ia juga  menyampaikan bahwa guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa memegang peran penting dalam membentuk karakter serta memberikan ilmu pengetahuan kepada penerus bangsa.


Pada peringatan Hari Guru Nasional tahun ini, pihak-pihak terkait diminta untuk bersatu dan bahu-membahu dalam mengakselerasi kemajuan sistem pendidikan di Indonesia.


Salah satu inisiatif yang diambil adalah dengan menerapkan asesmen nasional, yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan menyenangkan, yang menumbuhkan kemampuan literasi dan numerasi, serta karakter murid.


Dalam kesempatan ini, Bupati Franc Bernhard Tumanggor juga memberikan penghargaan kepada guru dan siswa berprestasi, serta penghargaan untuk guru yang telah mengabdi selama 30 tahun atau lebih di Sumatera Utara.


Semua ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi terhadap peran para pendidik dalam mengembangkan potensi generasi muda Indonesia.


“Guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa yang berperan penting dalam pembentukan karakter, membimbing, dan memberikan ilmu pengetahuan kepada penerus bangsa,” kata Franch.


Peringatan Hari Guru Nasional adalah hari yang istimewa bagi seluruh insan pendidikan.


Momentum ini mengajarkan kita untuk menghargai dan mengapresiasi peran guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa dalam membentuk karakter serta memberikan ilmu pengetahuan kepada penerus bangsa.


Penulis : Rudi

Editor : Son