Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Minggu, 19 November 2023, 11:01 WIB
Last Updated 2023-11-22T04:04:41Z
budayaDairiGendang Guro-guro Aron

Gendang Guro-Guro Aron, Bupati Dairi Bangga Pemuda Jaga dan Lestarikan Budaya

Bupati Dairi di acara Gendang Guro-guro Aron. (Foto/Istimewa).

DAIRI, Tigalingga - nduma.id


Mempertahankan kebudayaan dan adat-istiadat warisan nenek moyang adalah tanggung jawab kita sebagai generasi penerus. 


Hal ini juga menjadi perhatian Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, yang menghadiri acara Gendang Guro-Guro Aron Muda-Mudi Tigalingga Mburo Ate Tedeh di Kecamatan Tigalingga, Jumat, 17 November 2023 malam lalu.


Gendang Guro-Guro Aron merupakan seni budaya Karo yang dilakukan oleh para muda-mudi yang berada di dalam kelompok kerja yang mengerjakan ladang dengan menampilkan gendang Karo dan perkolong-kolong (penyanyi) diiringi tarian para muda-mudi. 


Dalam acara tersebut, Bupati Dairi menyampaikan rasa bangganya terhadap pemuda Tigalingga yang menggelar acara ini sebagai bentuk upaya mempertahankan dan melestarikan budaya melalui seni dan hiburan.


"Saya bangga dan tentu memang keharusan kita menjaga dan melestarikan budaya ini. Budaya jadi ciri dan identitas kita di tengah perkembangan zaman," katanya, Minggu (19/11/2023).


Bupati Dairi menjelaskan bahwa Gendang Guro-Guro Aron adalah bentuk kreasi muda-mudi untuk melestarikan budaya dan adat Karo. 


Selain itu, Gendang Guro-Guro Aron juga menjadi ajang untuk mempererat silaturahmi antar masyarakat.


Tidak hanya sebagai penghargaan akan budaya sebagai kearifan lokal, tetapi juga sebagai latihan bagi anak muda untuk lebih bertanggung jawab dalam mengelola event. 


Gendang Guro-Guro Aron yang diadakan oleh para pemuda merupakan sebuah latihan tanggung jawab serta kemampuan mereka dalam mengelola event. 


"Selain bentuk penghargaan akan budaya sebagai kearifan lokal, pesta gendang guro-guro juga bentuk latihan bagi anak muda untuk lebih bertanggung jawab, secara khusus dalam mengelola even," ujarnya.


Dalam acara pesta muda-mudi tersebut, Bupati Dairi juga mengajak para pemuda untuk terus memupuk dan mempertahankan budaya agar dapat menjadi pemersatu dan menumbuhkan martabat di tengah perkembangan zaman.


"Saya gembira semua terlaksana rapi. Dipupuklah terus. Ini kesempatan bagi pemuda untuk berlatih diri mengelola segala sesuatunya dan bertanggungjawab di dalamnya," tandasnya.


Penulis : Luhut

Editor : Rudi