Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Senin, 27 November 2023, 12:57 WIB
Last Updated 2023-12-02T06:00:47Z
AdiwiyataDairiLingkungan Hidup

Gerakan PBLHS di Dairi, Upaya Membentuk Generasi Peduli Terhadap Lingkungan

Bupati Dairi memberikan penjelassan. (Foto/Dok.Kominfo Dairi).

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Lingkungan Hidup menyelenggarakan sosialisasi program Adiwiyata melalui Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (Gerakan PBLHS) di Gedung Nasional Djauli Manik, Senin 27 November 2023.


Kegiatan ini bertujuan menanamkan kesadaran untuk terus menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar di sekolah.


Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, membuka acara tersebut dan menuturkan persoalan sampah sudah menjadi masalah yang tidak asing lagi.


Dikatakan sampah merupakan salah satu faktor yang menyebabkan rusaknya lingkungan hidup.


Oleh karena itu kata Eddy, kegiatan Adiwiyata ini menjadi wadah yang baik dan ideal untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika dasar manusia menuju kesejahteraan hidup demi cita-cita pembangunan berkelanjutan.


“Menangani sampah harus dilakukan secara bersama-sama melibatkan segenap unsur termasuk dunia pendidikan sekolah sebagai lembaga untuk para siswa mendapat pengajaran. Jadi, lewat kegiatan ini, guru diharapkan mampu mengambil peranan dalam pelestarian lingkungan melalui pendidikan lingkungan hidup dan mentransfernya pada anak didik,” ujar Bupati.


Hal ini didukung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Saut Marulitua Sinaga, yang mengatakan bahwa pendidikan lingkungan hidup sangat penting untuk membangun populasi manusia yang sadar dan peduli terhadap lingkungan dan segala masalah yang berkaitan dengannya.


Dalam sosialisasi tersebut, para guru dan kepala sekolah SD dan SMP di Kabupaten Dairi hadir untuk mendapatkan pelatihan dan bimbingan mengenai metode dan materi yang diperlukan untuk melaksanakan Gerakan PBLHS di sekolah mereka.


Narasumber, seperti Kepala Sekolah SMP Cinta Rakyat III Kota Pematang Siantar, Elisabet Sulistin Gultom, hadir untuk membagikan pengalaman dan memberikan motivasi dalam melaksanakan program ini.


Melalui program Gerakan PBLHS, Pemerintah Kabupaten Dairi berharap dapat membentuk generasi yang peduli dan berbudaya lingkungan yang mampu berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang maupun generasi yang akan datang dengan prinsip dasar partisipatif dan berkelanjutan.


Penulis : Rudi

Editor : Son