Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Kamis, 23 November 2023, 08:37 WIB
Last Updated 2023-11-23T01:37:07Z
Hari Kanak-kanakPawaiPolisiSiantar

Hari Kanak-kanak Nasional, Murid TK di Siantar Gelar Pawai

Kapolres Pematang Siantar melepas pawai. (Foto/Ari).

Siantar – nduma.id


Kapolres Pematang Siantar, AKBP Yogen Heroes Baruno, bersama Wali Kota Pematang Siantar, dr. Susanti Dewayani, SpA, melepas pawai dalam rangka Perayaan Hari Kanak-kanak Nasional Tahun 2023, dengan tema "Wujudkan Lingkungan yang Aman untuk Anak," Rabu 22 November 2023.


Dalam sambutannya, Walikota Pematang Siantar mengatakan perayaan Hari Kanak-kanak memiliki makna mendidik masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terhadap anak, karena anak adalah karunia Tuhan yang dinantikan oleh orang tua.


Selain itu, anak juga merupakan amanah Tuhan, sehingga orang tua memiliki tanggung jawab untuk mendidik anak agar dapat tumbuh, berkembang, dan memperoleh hak-haknya.


"Dengan adanya Perayaan Hari Kanak-kanak, diharapkan anak-anak bisa mendapatkan haknya, memperoleh perlindungan, serta lepas dari intimidasi, penindasan, dan kesewenang-wenangan termasuk untuk menuju Pematang Siantar Kota Layak Anak," sebut dr Susanti.


Kapolres Pematang Siantar bersama Wali Kota melepas peserta pawai dari simpang Jalan H Adam Malik-Jalan Sudirman, yang dimeriahkan dengan pelepasan balon ke udara.


Kemudian, murid-murid dari TK se-Kota Pematang Siantar berjalan dari Jalan H Adam Malik menuju Jalan Merdeka, Jalan Diponegoro, Jalan Sutomo, Jalan Sudirman, dan kembali ke Jalan Adam Malik.


Murid-murid TK yang terlibat dalam pawai, mengenakan seragam sekolah masing-masing dan juga pakaian adat dari berbagai suku serta seragam profesi.


Kegiatan ini diselenggarakan oleh Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia-Persatuan Guru Republik Indonesia (IGTKI-PGRI), dengan tema "Membangun Kepedulian dan Kesadaran Orang Tua, Pengasuh, Guru, Masyarakat, Dunia Usaha, dan Pemerintah dalam Upaya Memenuhi Hak dan Mewujudkan Perlindungan Anak". Selain itu, kegiatan ini dimeriahkan dengan Pawai Busana Daerah/Sekolah dan Tarian Massal Profil Pelajar Pancasila.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Walikota Pematang Siantar dr. Susanti SpA, Ketua Bhayangkari Cabang Kota Pematang Siantar Ny. Sandra Yogen dan para pengurus, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Pematang Siantar Rudol Barmen Manurung, M.Pd, para TK se-kota Pematang Siantar, tamu undangan, dan lainnya.


Penulis: Ari

Editor : Rudi