SMSI

SMSI
Sabtu, 25 November 2023, 14:20 WIB
Last Updated 2023-11-29T07:22:21Z
Agro ExpoKaroPertanian

Karo Agro Expo 2023 di Buka bupati

Bupati Karo memukul Gong membuka Karo Agro Expo. (Foto/Dok. Kominfo Karo).

KARO, Berastagi - nduma.id


Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang membuka Karo Agro Expo 2023 "Mekanisasi Pertanian di Kabupaten Karo" di Hotel Sibayak Internasional Berastagi, 23 November 2023.


Karo Agro Expo adalah kegiatan pameran pertanian pertama yang dilaksanakan di Kabupaten Karo.


Bertemakan tentang pertanian Karo, kegiatan ini diselenggarakan untuk memperlihatkan kekayaan agraris di Kabupaten Karo yang merupakan penghasil utama buah dan sayuran di Sumatera Utara.


Beberapa komoditas dari Kabupaten Karo juga menjadi komoditas ekspor penghasil devisa bagi negara.


Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang menyampaikan rasa bangga, terima kasih, dan apresiasinya kepada Petani Peduli Karo dan Dewan Pembina Petani Peduli Karo karena kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik.


Bupati Karo juga menyampaikan bahwa pertanian memiliki peran yang sangat penting bagi kesejahteraan rakyat dan berhasilnya sektor pertanian akan berdampak pada ketahanan pangan.


"Salah satu fokus Kabupaten Karo di sektor pertanian saat ini adalah menuju mandiri benih dan upaya yang dilakukan adalah melalui pembinaan penangkar dan menumbuhkan penangkar daru berbagai komoditi pertanian serta diharapkan petani karo dapat mandiri dalam benih, saat ini Kabupaten Karo sudah memiliki penangkar kentang, bawang merah, wortel, jeruk, padi gogo dan padi sawah", ungkap bupati karo.


Salah satu fokus Kabupaten Karo di sektor pertanian saat ini adalah menuju mandiri benih.


Upaya yang dilakukan adalah melalui pembinaan penangkar dan menumbuhkan penangkar dari berbagai komoditi pertanian.


Saat ini, Kabupaten Karo sudah memiliki penangkar kentang, bawang merah, wortel, jeruk, padi gogo, dan padi sawah.


Mekanisasi pertanian dapat meningkatkan produktivitas pertanian melalui pengolahan lahan yang lebih baik serta meningkatkan ketepatan waktu dalam aktivitas pertanian dengan menggunakan alat dan mesin pertanian.


Dengan adanya pameran ini, Bupati Karo berharap petani yang ada di Kabupaten Karo dapat lebih memahami mekanisme pertanian dan terjadi transfer teknologi dengan petani.


Diharapkan komoditi pertanian yang memiliki nilai jual ekspor dapat terangkat dan ada transaksi jual beli antara petani dan pembeli sehingga pertanian Karo memiliki nilai jual yang lebih baik.


"Mekanisasi pertanian dapat meningkatkan produktivitas pertanian melalui pengolahan lahan yang lebih baik serta meningkatkan ketepatan waktu dalam aktivitas pertanian, dengan menggunakan alat dan mesin pertanian, sehingga pekerjaan tersebut dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu," sebut Bupati Karo.


Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang melakukan kunjungan ke stand-stand pameran dan melihat cimpa matah tertinggi setelah menyampaikan sambutannya.


Penulis : Rudi

Editor : Son