Demokrat

Demokrat

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Sabtu, 04 November 2023, 23:25 WIB
Last Updated 2023-11-05T16:28:43Z
Menteri Luar NegeriNasionalOlahragaSea GamesTarung Derajat

Kolaborasi Kemenlu dan PB KODRAT, Tarung Derajat Menuju Cabor SEA Games 2025

PB KODRAT foto bersama dengan Menlu. (Foto/Istimewa).

JAKARTA – nduma.id


Kolaborasi antara Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB KODRAT) akan mendorong pencapaian dukungan dari 4 negara untuk menjadikan Tarung Derajat sebagai cabang olahraga resmi dalam SEA Games 2025 di Thailand.


Diharapkan diplomasi Kementerian Luar Negeri RI dapat membantu merealisasikan cita-cita ini.


Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB KODRAT) Bambang Soesatyo mengatakan Tarung Derajat, olahraga seni bela diri asli Indonesia ini pernah hadir sebagai cabang olahraga eksibisi pada SEA Games 2011,  dan kini tengah meraih momentum untuk menjadi cabang olahraga resmi SEA Games 2025 di Thailand.


Pencapaian ini akan menjadi buah dari kolaborasi antara Bambang Soesatyo yang juga sebagai Ketua MPR RI, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, dan pengurus PB KODRAT.


"Selain di Indonesia, untuk di kawasan ASEAN Tarung Derajat sudah hadir di Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Timor Leste. Hanya tinggal Brunei Darussalam dan Kamboja," ujar Bamsoet usai bertemu Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, di Kantor Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Jumat (3/11/23).


Syarat utama untuk menjadikan Tarung Derajat sebagai cabor resmi SEA Games adalah mendapatkan dukungan 4 negara, termasuk tuan rumah penyelenggara.


Beberapa negara di ASEAN seperti Malaysia, Thailand, Myanmar, dan Filipina, sudah pernah menyampaikan dukungan agar Tarung Derajat diakui sebagai cabang resmi SEA Games.


Dengan kepiawaian diplomasi Kementerian Luar Negeri RI, diharapkan Tarung Derajat dapat memperoleh dukungan yang diperlukan.


“Dengan dukungan Kementerian Luar Negeri RI, kita akan lengkapi kepengurusan Tarung Derajat di kawasan ASEAN. Jika sudah lengkap, diharapkan bisa semakin mempermudah langkah Tarung Derajat agar bisa dipertandingkan dalam salah satu cabang olahraga di Sea Games 2025 yang rencananya diselenggarakan di Bangkok, Thailand,” ujarnya.


Selain itu, melalui kerjasama antara PB KODRAT, Perguruan Pusat Tarung Derajat, dan Kementerian Luar Negeri Indonesia, rencananya juga akan dilakukan upaya lobi berbagai negara untuk menghidupkan kembali International Federation of Tarung Derajat (IFDT).


Keberadaan IFDT dinilai sangat penting untuk menjadikan Tarung Derajat semakin mendunia.


Ketua MPR RI Bambang Soesatyo pun mengapresiasi dukungan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, yang akan meningkatkan promosi budaya Indonesia melalui Tarung Derajat dalam setiap dijalankan diplomasi Kementerian Luar Negeri RI.


Upaya ini diharapkan akan semakin memperkenalkan Tarung Derajat sebagai olahraga asli Indonesia dan nilai budaya yang lahir dari kreasi anak bangsa.


Perjalanan Tarung Derajat untuk menjadi cabor resmi SEA Games 2025 di Thailand masih panjang dan penuh tantangan, namun dengan kolaborasi Kemenlu RI, Ketua MPR, dan PB KODRAT, harapan tersebut kian terang untuk terwujud.


Penulis: Raden

Editor : Rudi