Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Rabu, 22 November 2023, 07:12 WIB
Last Updated 2023-11-22T00:16:14Z
Media SiberPekantikanSerikat Media Siber IndonesiaTapsel

Membangun Media Profesional, Pengurus SMSI Tapanuli Selatan di Lantik

Ketua SMSI Sumut memberikan Petaka kepada Ketua SMSI Tapsel. (Foto/Istimewa).

Tapsel, Sipirok- nduma.id


Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Tapanuli Selatan periode 2023-2026 dilantik Senin, 20 November 2023.


Ketua SMSI Provinsi Sumatera Utara, Erris J Napitupulu melakukan langsung prosesi itu.


Pelantikan itu bertema "Mewujudkan Semangat Berliterasi Demi Membangun Media yang Aktif dan Profesional".


Julpan Tambunan Ketua SMSI Tapanuli Selatan yang di lantik berkomitmen menjadikan perusahaan media siber yang profesional di Tapanuli Selatan.


"Perlahan kita bergerak ke sana, sehingga produk informasi yang dihasilkan pun berkualitas, bukan hoaks," ujar Julpan.


Pelantikan itu juga sekaligus menegaskan kehadiran SMSI di Tapsel untuk mendukung jalannya program pembangunan Pemkab Tapsel di tengah masyarakat.


"Bersama Sekretaris Ali Imran, Bendahara Samsul Hasibuan, Bidang-bidang dan jajaran pengurus lainnya, kami SMSI Tapanuli Selatan siap bersinergi dengan Pemkab, swasta dan elemen masyarakat. Tujuannya untuk Tapel yang maju dan berkembang," kata Julpan dalam sambutannya.


Bupati Tapsel, Dolly Putra Parlindungan Pasaribu, menyampaikan apresiasi atas hadirnya SMSI Tapanuli Selatan.


Kehadiran SMSI di Kabupaten Tapanuli Selatan dikatakannya sangat penting.


SMSI diharapkan dapat memberikan informasi yang valid, edukatif, serta memberikan saran, masukan, dan kritik yang membangun pada program pembangunan.


"Di ranah inilah, kita harus meningkatkan sinergi. Soal antisipasi informasi hoaks, saya yakin itu sudah menjadi salah satu concern SMSI, dan memang itulah yang juga kami harapkan, informasi yang beredar di Tapsel adalah berita yang valid dan edukatif serta menginspirasi ataupun menghibur," ujarnya.


Ketua DPRD Tapsel, Absul Basid Dalimunthe, juga menyambut positif kehadiran SMSI dan berharap pemberitaan yang membangun dari Tapsel dapat menghiasi ruang publik.


"Mari kita tetap solid bersama para media dan wartawan di Kabupaten Tapsel. Saya berharap dengan dilantiknya SMSI ini, pemberitaan yang membangun dari Tapsel dapat menghiasi ruang publik," katanya.


Ketua SMSI Sumut, Erris J Napitupulu, mengharapkan agar Pengurus SMSI Tapanuli Selatan memberikan warna baru terhadap perkembangan SMSI di Sumut.


SMSI juga harus menjadi salah satu motor pembangunan dengan berkomitmen menjalankan UU Pers, kode etik jurnalistik, serta menjunjung tinggi Pers Pancasila.


Diharapkan dengan kehadiran SMSI di Tapanuli Selatan, ke depannya masyarakat dapat menerima informasi yang lebih berkualitas dan mendukung keberhasilan program pembangunan di wilayah tersebut.


"Di Tapsel khususnya, SMSI harus menjadi salah satu motor pembangunan, bangunlah sinergi dengan Pemkab Tapsel, Forkopimda, para mitra dan termasuk kepada elemen masyarakat," ujar Erris.


Untuk mewujudkannya, kata Erris, seluruh Pengurus SMSI di Tapsel harus menegakkan UU Pers, kode etik jurnalistik, dan segala peraturan di SMSI serta juga menjunjung tinggi Pers Pancasila.


Ditambahkan Erris, SMSI yang terbentuk pada 7 Maret 2017 lalu, beranggotakan sekitar 3.000 media siber (online), yakni mereka para pemilik media siber.


Di Sumut sendiri, jumlahnya terus bertumbuh.


Penulis : Rudi

Editor : Son