Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Rabu, 22 November 2023, 06:52 WIB
Last Updated 2023-11-21T23:52:32Z
Lalu lintasPolisiSiantar

Sat Lantas Polres Siantar Sosialisasi Tertib Berlalu Lintas

Petugas polisi sosialisasi tertib berlalu lintas kepada pebetor. (Foto/Ari).

Siantar – nduma.id


Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pematang Siantar terus berkomitmen untuk meningkatkan keselamatan berlalu lintas di wilayah hukum Polres Siantar.


Selasa, 21 November 2023, Satlantas Polres Siantar melakukan kegiatan sosialisasi tertib berlalu lintas di jalan Sutomo simpang tepatnya Jalan Diponegoro kota Siantar.


Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, dilakukan publik address dengan pengeras suara tentang tertib berlalu lintas, membagi-bagikan brosur tentang tertib berlalu lintas kepada pengguna jalan, serta menempelkan stiker tentang tertib berlalu lintas pada kendaraan R2, R3, dan R4.


Kasat Lantas Polres Siantar, AKP Relina Lumban Gaol, menyatakan sasaran kegiatan sosialisasi meliputi para pengemudi, pengendara, serta pengguna jalan lainnya di lokasi yang dianggap rawan terjadi pelanggaran dan kemacetan arus lalu lintas.


Satlantas Polres Siantar juga memberikan himbauan tentang UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, safety riding, serta aturan lalu lintas.


"Sosialisasi UU NO. 22 Tahun 2009 ttg LLAJ, safety riding, aturan lalu lintas" kata AKP Relina.


Beberapa himbauan yang disampaikan dalam kegiatan sosialisasi tersebut meliputi wajibnya pengemudi menggunakan sabuk keselamatan, pengemudi dan penumpang motor wajib menggunakan helm SNI, dilarangnya pengendara motor berboncengan lebih dari satu orang, dilarangnya pengemudi menggunakan handphone saat berkendara, dilarangnya anak-anak di bawah umur mengemudikan kendaraan, dilarangnya berkendara saat terpengaruh oleh alkohol, dilarangnya melawan arus, dilarangnya berkendara melebihi batas kecepatan, dilarangnya kendaraan bermotor menggunakan knalpot blong, serta dilarangnya naik ke atas kap mobil angkutan umum, terutama anak pelajar sekolah.


Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib berlalu lintas guna terciptanya keselamatan dalam berlalu lintas.


Menekan pelanggaran lalu lintas dan menurunkan kejadian kecelakaan lalu lintas dengan korban fatalitas di wilayah hukum Polres Siantar menjadi fokus dari Satlantas Polres Siantar.


"Menekan Pelanggaran Lalu Lintas dan menurunkan kejadian kecelakaan Lalu Lintas dengan korban fatalitas  di wilkum Polres Siantar," Pungkas AKP Relina.


Penulis : Ari

Editor : Rudi