Demokrat

Demokrat

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu
Sabtu, 04 November 2023, 17:55 WIB
Last Updated 2023-11-05T10:59:09Z
Lapangan KerjaPelatihan KerjaSiantar

Pemko Siantar Pelatihan Keterampilan dan Penciptaan Lapangan Kerja

Walikota Siantar memberikan sambutan. (Foto/Istimewa).

SIANTAR - nduma.id


Wali Kota Pematang Siantar, dr Susanti Dewayani SpA., membuka program pelatihan Tailor Mode Training Pelatihan Berbasis Kompetensi dari BBPVP Medan yang bertujuan untuk melatih tenaga kerja yang berkompeten dan membuka peluang ekonomi agar angka pengangguran di kota tersebut semakin berkurang pada tahun 2023.


Pembukaan pelatihan berlangsung di aula Dinas Ketenagakerjaan Kota Pematang Siantar, Jalan Dahlia, Jumat 3 November 2023.


Keterampilan dan kompetensi yang dimiliki tenaga kerja menjadi salah satu pilar utama dalam pengentasan pengangguran di Kota Pematang Siantar.


Di sinilah Tailor Mode Training Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) dari BBPVP Medan memiliki peran penting sebagai alat dalam akselerasi peningkatan keterampilan dan potensi lapangan pekerjaan di kota tersebut.


Wali Kota Pematang Siantar, dr Susanti Dewayani SpA., dalam sambutannya mengajak peserta pelatihan agar memanfaatkan kegiatan ini sebaik mungkin.


Dia juga menekankan arti penting disiplin dan komitmen tinggi dalam menjalankan pekerjaan yang ditekuni.


"Semua pekerjaan itu, akan memiliki potensi ketika ditekuni," tegas dr Susanti dalam sambutannya di hadapan ratusan peserta pelatihan.


Susanti mengatakan program-program yang digalakkan Dinas Ketenagakerjaan kota Siantar membuat anak-anak Pematang Siantar terus bekerja dan hasil positif mulai terlihat.


"Ini menjadi tugas kita, anak-anak Pematang Siantar terus bekerja, dan inilah hasilnya," tandas dr Susanti.


Pelatihan ini diselenggarakan oleh Dinas Ketenagakerjaan Kota Pematang Siantar dan BBPVP Medan Kementerian Ketenagakerjaan.


Plt Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Pematang Siantar Robert Sitanggang SSTP mengatakan melalui program Tailor Mode Training Pelatihan Berbasis Kompetensi ini, diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menurunkan angka pengangguran, khususnya di Kota Pematang Siantar.


Dari kerja sama ini, dikatakan Robert sebanyak 8 Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) dan 128 peserta pelatihan diberi kesempatan untuk turut serta.


Pelatihan dilaksanakan mulai tanggal 3 November 2023 hingga 27 November 2023.


Dalam era globalisasi ini, peningkatan keterampilan dan kompetensi tenaga kerja sangat dibutuhkan agar lulusan memiliki daya saing yang kuat dan siap menjawab tantangan lapangan pekerjaan yang terus berkembang.


Semakin banyak tenaga kerja yang berkompeten dihasilkan, semakin banyak pula kesempatan bekerja yang tumbuh dan tercipta.


Semoga kolaborasi antara Dinas Ketenagakerjaan kota dan BBPVP Medan ini dapat segera membawa dampak positif dan signifikan bagi masyarakat Pematang Siantar.


Penulis : Ari

Editor : Rudi