Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Rabu, 29 November 2023, 11:40 WIB
Last Updated 2023-11-29T04:40:16Z
Dana DesaKaroPapdesiPelantikan

Pengurusan DPC PAPDESI Karo Dilantik, Bupati : Menyuarakan Perjuangan Aspirasi Tingkat Desa

Bupati Karo di acara pelantikan Papdesi. (Foto/Dok. Kominfo Karo).

KARO, Kabanjahe - nduma.id


Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang, menghadiri pelantikan Kepengurusan Dewan Pimpinan Cabang Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) Kabupaten Karo masa bakti 2023-2028 di Aula Kantor Bupati Karo, Selasa 28 November 2023.


Dalam arahannya, Bupati Karo menjelaskan bahwa PAPDESI Kabupaten Karo bertanggung jawab dalam melakukan advokasi dan pengembangan kebijakan yang berkaitan dengan desa. 


Diharapkan, melalui advokasi tersebut, PAPDESI Kabupaten Karo dapat menyuarakan dan memperjuangkan aspirasi pemerintah desa di tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional. 


Hal ini akan dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.


Dalam kesempatan tersebut, Bupati Karo juga menekankan pentingnya meningkatkan kapasitas aparatur pemerintah desa untuk menciptakan tata pemerintahan desa yang mandiri dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan kegiatan pemerintahan dan pembangunan desa. 


"Dengan meningkatnya kapasitas aparatur pemerintah desa diharapkan terciptanya tata pemerintahan desa dan pelaksanaan pembangunan secara mandiri dan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat," ujar Bupati Karo. 


Selain itu, Bupati Karo meminta agar seluruh kepala desa di Kabupaten Karo bekerja dengan jujur, transparan, bersih, dan bertanggung jawab sehingga pelaksanaan pembangunan di desa dapat terlaksana dengan baik.


Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang, juga menjelaskan bahwa peran dan tanggung jawab aparatur pemerintah desa semakin berat seiring meningkatnya tantangan perubahan zaman. 


Oleh karena itu, aparatur pemerintah desa dituntut untuk menjadi figur teladan bagi masyarakat dari sikap, tutur kata, dan tindakan serta mampu mensukseskan program-program pemerintah secara umum dan mewujudkan visi misi Pemerintah Kabupaten Karo.


"Maju mundurnya Kabupaten Karo, salah satunya ditentukan oleh kepemimpinan dan pelayanan Kepala Desa terhadap masyarakat," tegas bupati. 


Acara pelantikan Kepengurusan Dewan Pimpinan Cabang PAPDESI Kabupaten Karo dihadiri oleh anggota DPD RI, Ketua DPRD Kabupaten Karo, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Camat se-Kabupaten Karo, dan para Kepala Desa se-Kabupaten Karo serta tamu undangan lainnya.


Penulis : Rudi

Editor : Son