Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Senin, 27 November 2023, 13:50 WIB
Last Updated 2023-12-01T06:54:04Z
DairiMakeup ArtisUlang Tahun

Satu Tahun Make Up Artis Dairi

MUA Potong kue ulang tahun. (Foto/Dok. Kominfo Dairi).

DAIRI, Sidikalang - nduma.id


Tidak dapat disangkal bahwa profesi sebagai make up artist atau penata rias saat ini sedang booming di Indonesia. 


Tak terkecuali di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, tempat di mana MUA atau Make Up Artis Dairi baru saja merayakan hari jadinya yang pertama,  Minggu 26 November 2023 kemarin.


Acara yang dihadiri oleh para penata rias, fotografer, dan beberapa tamu undangan itu juga dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi, Romy Mariani Simarmata Eddy Berutu sebagai tamu kehormatan.


Romy Mariani mengatakan bahwa pemerintah Kabupaten Dairi selalu memberikan perhatian khusus terhadap pengembangan sektor UMKM termasuk di bidang penata rias. 


Bahkan, Pemerintah Kabupaten Dairi telah memberikan pelatihan kepada para pelaku UMKM dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas produk.


"Pemerintah telah memberikan pelatihan kepada para pelaku UMKM dengan menggandeng pihak swasta. Ilmu yang didapatkan selama pelatihan, dapat semakin menambah pengetahuan para pelaku usaha yang nantinya dapat meningkatkan pendapatannya,” kata Romy Mariani. 


Para perempuan di Dairi saat ini sangat memperhatikan penampilan dan make up artist atau penata rias memiliki potensi yang sangat besar di Kabupaten Dairi. 


“ Jadi para make up artis ini memiliki potensi yang sangat besar. Contohnya saja, saat ini saya melihat para perempuan tidak ada bulu matanya yang pendek. Penampilan yang baik saat ini sudah menjadi bagian penting bagi para perempuan di Dairi,” kata Romy.


Dikatakan penata rias ini mampu membuat para perempuan di Dairi terlihat lebih cantik dan terawat. 


Hal ini dikarenakan penampilan yang baik sudah menjadi bagian penting dari kehidupan para perempuan di Dairi.


Oleh karena itu, Romy Mariani berharap agar seluruh penata rias yang tergabung dalam MUA Dairi dapat terus mengembangkan kemampuan dan kreativitas mereka. 


Mereka juga diharapkan dapat menggunakan media sosial dengan bijak sebagai wadah untuk melakukan promosi hasil karya masing-masing agar semakin dikenal oleh masyarakat luas.


Penasehat MUA Dairi, Oky Chandra Purba, menyambut acara ulang tahun yang pertama ini dengan penuh penghargaan. 


Ia berharap agar para penata rias dapat menggunakan media sosial sebagai platform untuk mempromosikan usaha mereka dan mendokumentasikan hasil kegiatannya agar semakin dikenal masyarakat luas.


"Bijaklah bermedia sosial sebagai platform untuk promosikan usaha kita. Usahakan kita punya dokumentasi dari hasil kegiatan kita agar semakin dikenal masyarakat luas. Selamat hari jadi yang ke-1 tahun MUA Dairi,” ucapnya


Ketua MUA Dairi, Sanheri Sigalingging, juga berharap agar MUA Dairi dapat semakin maju dan dikenal oleh masyarakat. 


Ia mengatakan bahwa peran MUA Dairi sangat penting dalam mendukung hari-hari penting baik sukacita maupun dukacita.


“Semoga kami semakin maju dan masyarakat semakin mengerti akan pentingnya peran MUA di tengah-tengah masyarakat untuk mendukung hari hari penting baik sukacita maupun dukacita,” ujar ketua panitia kegiatan tersebut.


Penulis : Luhut

Editor : Rudi