Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Senin, 27 November 2023, 13:42 WIB
Last Updated 2023-12-02T06:44:49Z
BirokrasiDairi

Pemkab Dairi Sosialisasi Sistem Kerja Untuk Penyederhanaan Birokrasi

Bupati Dairi memberikan sambutan. (Foto/Dok. Kominfo Dairi).

DAIRI, Sidikalang  – nduma.id


Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, membuka Sosialisasi Sistem Kerja untuk Penyederhanaan Birokrasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dairi, Senin 27 November 2023, di Gedung Perpustakaan Daerah (Perpusda) Raja Naga Jambe, Sidikalang.


Kegiatan sosialisasi bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terkait Peraturan Menteri PAN & RB Nomor 7 Tahun 2022 tentang Sistem Kerja untuk Penyederhanaan Birokrasi.


Dalam kesempatan tersebut, Bupati meminta kepada seluruh para pimpinan OPD serta ASN yang hadir untuk dapat menjadikan hasil kegiatan ini sebagai pedoman mewujudkan birokrasi yang dinamis, lincah, dan profesional.


"Sosialisasi ini adalah untuk membangun budaya kerja baru yang lebih relevan di era digital saat ini. ASN dipaksa untuk mengubah pola pikir dan sistem kerja yang tadinya bersifat hierarki menjadi lincah, fleksibel, dan kolaboratif," ujarnya.


Eddy Berutu mengatakan bahwa dengan menerapkan sistem kerja ini, seluruh tim bisa mengambil peran sehingga pada akhirnya kita dapat mengetahui kelemahan apa apabila target kinerja kita tidak tercapai.

 

"Kita harus mengubah sistem kerja yang mengedepankan kerja tim yang berorientasi pada hasil serta menghargai kompetensi, keahlian, dan keterampilan. Jadi mari segera terapkan Permenpan RB Nomor 7/2022 ini untuk membangun budaya kerja yang baru dan membangun birokrasi yang efektif dan bersih," tambahnya.


Dalam sosialisasi ini hadir juga para staf ahli bupati, para kepala OPD, sekretaris, kepala bagian dan para undangan lainnya. Dr. Ngalimun S.Sos, Analisis Kebijakan Madya pada Asdep Perumusan Kebijakan Kelembagaan Kemenpan dan Reformasi Birokrasi, juga ikut hadir dalam sosialisasi ini dan menyampaikan bahwa sistem kerja ini adalah alat untuk mendorong kerja birokrasi dan meningkatkan kinerja sehingga target kerja tercapai dengan maksimal.


Penulis : Rudi

Editor : Son