Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Jumat, 08 Desember 2023, 13:29 WIB
Last Updated 2023-12-08T06:29:12Z
Beasiswa Bahasa InggrisDairiPendidikan

2000 Pelajaran di Kabupaten Dairi Beasiswa Bahasa Inggris

Drs. Jonni Waslin Purba. (Foto/Rudi).

DAIRI, Sidikalang - nduma.id


Sebanyak 2000 pelajar di Kabupaten Dairi Sumatera Utara menerima beasiswa belajar Bahasa Inggris.


Terdiri dari 1000 pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan 1000 Pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sederajat.


Beasiswa itu dikatakan melalui Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Program Bakti Kominfo (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi).


"Hari ini sudah mulai sosialisasi secara Zoom. Bagaimana masuk akun, login, jadwal dan lain-lain," kata Kadis Pendidikan Kabupaten Dairi, Drs Jonni Waslin Purba, Jumat (8/12/2023).


Jonni mengatakan sejumlah sekolah yang memenuhi syarat di berikan quota kemudian pihak sekolah menyeleksi siswa masing-masing yang akan ikut beasiswa itu.


"Ada 51 sekolah SMP yang siswanya ikut, tentunya yang bisa akses internet, seperti liang jering, pasir tengah belum memungkinkan," ujar Jonni.


Dijelaskan, para pelajar itu akan mengikuti les Bahasa Inggris selama 1 tahun.


Mereka di bagi menjadi 4 kelompok pelajar SMP dan 4 kelompok pelajar SMA/SMK, belajar melalui zoom


Setiap kelompok siswa juga akan di bimbing melalui WhatsApp group oleh tentor dan guru sekolah masing-masing.


Dengan mengikuti les ini, para siswa diharapkan bisa menambah kemampuan dalam berbahasa inggris.


"Pastinya harapan kita bermanfaat meningkatkan kompetensi terutama literasi, pelajar," tandas Jonni, didampingi Kabid SMP, Adi S Purba.


Di katakan juga ada sejumlah keuntungan pelajar dengan mengikuti les Bahasa Inggris ini.


Seperti, tiap peserta akan mendapat sertifikat resmi dari Lembaga Bahasa Internasional Universitas Indonesia (LBI UI), akses premium Aplikasi Bahaso selama 1 tahun senilai 3 Juta, mentoring oleh tutor profesional Bahaso, membuka peluang wawasan dan karier yang lebih luas. 


Bahaso adalah aplikasi inovatif karya anak bangsa yang memungkinkan pengguna untuk belajar bahasa asing melalui pendekatan self-learning.


Aplikasi bahaso di design dengan metode pembelajaran interaktif yang mungkinkan pengguna untuk belajar bahasa dengan fleksibel dan menyenangkan.


Penulis : Rudi

Editor : Son