Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Jumat, 08 Desember 2023, 14:09 WIB
Last Updated 2023-12-08T07:09:20Z
Pemilu 2023PolisiSiantar

Cipta Pemilu Damai Sat Binmas Polres Siantar Optimalkan Cooling System

Petugas polisi penyuluhan di warung. (Foto/Ari).

Siantar - nduma.id


Satuan Binmas Polres Pematang Siantar bimbingan dan penyuluhan (Binluh), sosialisasi, serta edukasi kepada masyarakat terkait optimalisasi giat Cooling System Pemilu 2023/2024 di wilayah hukum Polres Pematang Siantar, Kamis 7 Desember 2023.


Kegiatan itu dilaksanakan oleh Ps Kanit Binpolmas Sat Binmas, AIPTU Sahyadi Damanik, Ps Kanit Bintibsos BRIPKA Hermansah Putra, dan BRIGADIR Syamsul Bachri di Warung Kopi (Warkop) Sinaga Jalan Mangga, Kelurahan Parhorasan Nauli, Kecamatan Siantar Marihat, Kota Pematang Siantar.


Dalam kegiatan itu, personil Sat Binmas memberikan sosialisasi tentang tahapan Pemilu dan menghimbau agar masyarakat tidak terpengaruh dengan isu dan berita hoax, black campaign, money politic, serta hate speech yang bisa menyebabkan terjadinya konflik di masyarakat. 


Personil Sat Binmas juga memberikan pesan-pesan kamtibmas dan mengajak masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dalam menjaga keamanan lingkungan.


AKBP Yogen Heroes Baruno, Kapolres Pematang Siantar, menyatakan giat itu upaya untuk menciptakan pemilu yang damai dan kondusif. 


"Personil Sat Binmas juga menyampaikan pesan-pesan kamtibmas dan mengajak kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan bersama-sama ikut serta menjaga keamanan lingkungan guna mencegah terjadinya gangguan kamtibmas sehingga tercipta situasi Aman dan Kondusif," terang AKBP Yogen.


Dalam melaksanakan pemilu, masyarakat perlu teliti dalam menentukan pilihan sehingga bisa menghasilkan pemimpin yang berkualitas dan berintegritas.


Kegiatan Binluh ini diharapkan bisa memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat dan membantu masyarakat dalam menyikapi situasi yang ada saat Pemilu berlangsung. 


Hal ini juga bisa membantu masyarakat untuk menghindari berita bohong, kampanye hitam dan isu SARA yang dapat memperkeruh suasana dan memicu konflik.


Penulis : Rudi

Editor : Son