SMSI

SMSI
Sabtu, 02 Desember 2023, 11:17 WIB
Last Updated 2023-12-02T04:45:00Z
Banjir BandangBasarnasHumbahas

Banjir Bandang dan Longsor di Humbang Hasundutan, 12 Orang Hilang

Tim SAR melakukan pencarian diantara bebatuan. (Foto/Dok. Basarnas)

HUMBAHAS, Baktiraja – nduma.id


Sebanyak 12 orang warga dinyatakan hilang setelah peristiwa banjir bandang dan longsor di Desa Simangulampe Kecamatan Bakti Raja Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara Jumat malam, 1 Desember 2023.


Kepala Kantor Basarnas Medan, Budiono, menjelaskan sejak mendapatkan laporan, Basarnas Medan langsung menurunkan personel dari Pos SAR Parapat Danau Toba untuk melaksanakan operasi pencarian, membawa peralatan mountaineering serta peralatan pendukung lainnya.


Material lumpur dan batu yang di bawa banjir menjadi kendala pencarian.


"Banyaknya material batuan, benar-benar menyulitkan tim melakukan pencarian,” kata Budiono, Sabtu, (2/12/2023).


Selain menggunakan excavator, tim juga menggeser material batu secara manual untuk membuka akses pencarian di lokasi yang dicurigai.


“Selain menggunakan excavator, tim juga harus menggeser secara manual material batuan tersebut untuk membuka akses pencarian di lokasi yang dicurigai posisi keberadaan korban,” tandasnya.


Sampai berita ini di terbitkan tim Basarnas dikatakan masih berupaya maksimal melakukan pencarian dengan harapan seluruh korban secepatnya ditemukan.


Di lokasi, Basarnas Medan juga di katakan mengerahkan satu unit drone yang dilengkapi teknologi pembaca thermal untuk melakukan pencarian melalui udara.

 

Data dari basarnas Medan korban yang dilaporkan hilang adalah Pintar Simanullang, Juni Silaban, Adriano Silaban, Tiamin Sinambela, Lasroha Simanullang, Eva Purba, Kriston Siregar, Desman Sihombing, Op. Gomgom, br. Banjar, br. Lubis, dan br. Simanjuntak.


Sebelumnya Jumat, 1 Desember 2023, sekitar pukul 21.30 WIB banjir bandang dan longsor menerjang Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbahas.


Peristiwa ini mengakibatkan puluhan unit rumah pemukiman rusak.


Pemerintah setempat bersama masyarakat telah melakukan pencarian namun belum berhasil menemukan para korban.


Basarnas Medan masih terus berupaya maksimal melakukan pencarian.


Penulis : Rudi

Editor : Son