Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Kamis, 28 Desember 2023, 20:28 WIB
Last Updated 2023-12-28T13:28:36Z
PolisiSiantarSosialisasi

BNN Siantar Rilis Hasil Program dan Kegiatan 2023

Kantor BNN Kota Siantar. (Foto/Ari).

SIANTAR - nduma.id


Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Pematang Siantar merilis pelaksanaan program dan kegiatan yang telah dilaksanakan tahun anggaran 2023, Kamis 28 Desember 2023.


Kepala BNN Kota Pematang Siantar, Drs. Tuangkus Harianja, MM menyampaikan BNN Kota Siantar telah melaksanakan Diseminasi Informasi dan Edukasi P4GN melalui berbagai macam metode dengan sasaran kepada lingkungan masyarakat, keluarga, pelajar, maupun pekerja dengan Metode Pelaksanaan Giat Tatap Muka, Media Luar Ruang, Sebaran Informasi, Media Radio, Media Sosial, dan Kampanye War On Drugs sebanyak 35. 257 dalam tahun 2023.


"BNN Kota Siantar membentuk remaja teman sebaya anti Narkotika sebanyak 10 orang yang berasal dari 10 orang pelajar SLTA/sederajat di Kecamatan Siantar martoba dan Siantar Utara Kota Siantar di Wilayah Kota Siantar," kata Tuangkus Harianja.


Pembentukan Remaja Teman Sebaya dilakukan melalui dialog interaktif remaja sebanyak 5 kali pertemuan dan menghadirkan 5 Narasumber atau praktisi sesuai tema yang telah ditentukan. 


Harapannya nantinya  menjadi Duta Anti Narkoba di sekolahnya masing-masing.


Berdasarkan hasil Pengukuran Dektari (Indeks Ketahanan Diri Remaja) yang dilakukan kepada 1723 orang responden didapatkan hasil 55,15 yang berarti Indeks Ketahanan Diri Remaja dikategorikan sangat tinggi.


Program ketahanan keluarga anti Narkoba, BNN Kota Siantar melatih 10 keluarga yang terdiri dari orang tua dan anak untuk menjadi role model program P4GN di masyarakat yang diberikan pembinaan terkait Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba.


Kegiatan dilaksanakan 4 kali pertemuan yang didampingi oleh fasilitator dan narasumber serta dilaksanakan berdasarkan modul ketahanan keluarga yang telah ditetapkan oleh UNODC.


Di dilaksanakan di Kelurahan Tanjung Pinggir Kecamatan Siantar Martoba dan Kelurahan Kahean Kecamatan Siantar Utara.


Hasil Pengukuran Indeks Ketahanan Keluarga (Dektara) dengan target sasaran 10 keluarga yang dilakukan kepada 20 orang Responden didapatkan hasil 83,66 yang berarti Indeks Ketahanan Keluarga dikategorikan Sangat Tinggi.


Intervensi Ketahanan Keluarga Berbasis Sumber Daya Desa (Desa Bersinar) BNN Kota Siantar pada tahun 2023 melalui hasil Pemetaan Kawasan Rawan Narkoba di Kota Siantar oleh BNN, Kelurahan/Pemko dan Polres Siantar telah melakukan pencanangan Desa/Kelurahan Bersinar sebanyak 2 Kelurahan yang berlokasi di Kelurahan Tanjung Pinggir Kecamatan Siantar Martoba dan Kelurahan Kahean Kecamatan Siantar Utara.


Desa Bersinar bertujuan untuk menciptakan kondisi desa yang aman, nyaman dan tentram, sehingga masyarakat mempunyai daya tangkal dan ketahanan diri untuk mencegah penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.


Pencanangan Sekolah Bersinar/Kampus Bersinar (Bersih Narkoba) Sekolah/Kampus Bersinar ini adalah satuan pendidikan setingkat sekolah/perguruan tinggi yang memiliki kriteria tertentu dimana terdapat pelaksanaan program pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang dilaksanakan secara massif.


BNN Kota Siantar di Tahun 2023 juga telah membentuk Kampus Bersinar di Universitas Simalungun dan Sekolah Bersinar di SD Negeri 125549 Jalan Siak, Martoba, Pematang Siantar.


Pemberdayaan masyarakat dalam Kebijakan kabupaten/kota tanggaptanggap ancaman Narkoba BNN Kota Siantar melaksanakan Advokasi Kebijakan Kabupaten/Kota Tanggap Ancaman Narkoba (KOTAN) dengan sasaran 2 lembaga yaitu di Instansi pemerintah dan lingkungan masyarakat.


Peserta yang mengikuti kegiatan Bimtek maupun Workshop secara otomatis menjadi bagian dari penggiat / relawan anti Narkoba yang menyuarakan program P4GN di lingkungan masing-masing.


Hasil pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi kepada instansi pemerintah dan  masyarakat didapatkan hasil Indeks Kemandirian Partisipasi (IKP) yaitu dengan nilai 3,407 atau dikategorikan sangat mandiri.


Melaksanakan pengumpulan data terkait Indeks Kabupaten/Kota tanggap ancaman Narkoba (IKOTAN) yang hasilnya akan dikeluarkan oleh BNN RI.


Pelaksanaan Tes Urine dalam rangka deteksi dini penyalahgunaan dan peredaran Narkoba di Kota Pematang Siantar beserta wilayah rayon berjumlah 255 orang meliputi lingkungan pemerintah dan masyarakat.


Data demografis klien rehabilitasi layanan rawat jalan “Poliklinik” BNN Kota Siantar tahun 2023 jumlah 95 orang


Unit Intervensi berbasis masyarakat (IBM) yang terbentuk intervensi berbasis masyarakat (IBM) merupakan program layanan rehabilitasi berkelanjutan dari masyarakat untuk masyarakat dan oleh masyarakat dengan menggunakan sumber daya lokal dan memanfaatkan kearifan lokal.


Sasaran kegiatan IBM yaitu penyalahguna Narkoba dan keluarga penyalahguna Narkoba yang di intervensi langsung masyarakat yang peduli dan berperan aktif di masyarakat yang dinamakan Agen pemulihan (AP).


Tahun 2023 BNN Kota Pematang Siantar membentuk 2 lokasi unit IBM melalui surat keputusan Kepala BNN Kota Pematang Siantar Nomor : KEP/31/II/KA/RH.03/2023/BNNK tanggal 01 Februari 2023 , kedua melalui Surat Keputusan Kepala BNN Kota Pematang Siantar Nomor: KEP/31/II/KA/RH.03/2023/BNNK tanggal 01 Februari 2023


Indeks kepuasan layanan klinik rehabilitasi pengukuran indeks kepuasan layanan klinik Rehabilitasi BNN Kota Pematang Siantar dilakukan melalui survei berbasis Web melalui pengukuran indeks kepuasan penerima layanan rehabilitasi dari responden yaitu klien yang telah menerima layanan rehabilitasi dari poliklinik BNN Kota Siantar.


Pengukuran Indeks Kepuasan Penerima Layanan Rehabilitasi bertujuan untuk memperoleh nilai indeks kepuasan penerima layanan rehabilitasi yang akan menjadi dasar penyusunan kebijakan rehabilitasi bagi pengguna narkoba.


Kegiatan pengukuran Indeks Kepuasan Penerima Layanan Rehabilitasi dilakukan sebanyak 2 kali yaitu Semester I (bulan Januari – Juni 2023) dan Semester II (Juli – November 2023).


Melalui kegiatan Pengukuran Indeks Kepuasan Penerima Layanan ini yang dilakukan sebanyak 2 kali pengukuran, BNN Kota Pematang Siantar mendapatkan nilai rata-rata Nilai IKM 3,77 dari target yang telah ditetapkan yaitu 3,8.


Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dalam pelaksanaan kegiatan pada tahun 2023, Seksi Pemberantasan BNN Kota Siantar telah berupaya melaksanakan penyelidikan dan penyidikan dalam upaya pengungkapan kasus Narkotika di Wilayah Kota Pematang Siantar. 


Namun dalam upaya pengungkapan kasus masih dalam proses pengembangan dan penyelidikan oleh Tim Penyidik BNN Kota Siantar. 


Smart Power Approach, Dalam strategi Smart Power Approach, BNN Kota Siantar memanfaatkan teknologi informasi dalam pelaksanaan tugas seperti penggunaan aplikasi bnnsiantarzoin.com aplikasi ini dibuat berbasis online guna memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi P4GN dan Layanan P4GN kepada masyarakat.


Selain itu, BNN Kota Siantar juga memanfaatkan platform media sosial agar mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi dan edukasi terkait P4GN yaitu melalui Instagram, Facebook, X (twiiter), Youtube, TikTok dan Website resmi BNN Kota Siantar.


Sementara itu, BNN Kota Pematang Siantar dalam strategi Co Operation membangun kerjasama dan sinergitas bersama seluruh stakeholder dan komponen masyarakat untuk terus diberikan ruang seluas-luasnya untuk menciptakan lingkungan yang bersih dari penyalahgunaan Narkoba, salah satunya dengan membuat perjanjian kerja sama (PKS)/Nota Kesepahaman (MoU) terkait P4GN. 


Berikut Instansi yang telah membangun kerja sama dengan BNN Kota Pematang Siantar:


PKK Kota Pematang Siantar SMK Negeri 1 Pematang Siantar Universitas Efarina Pematang Siantar UPTD. Balai Latihan Kerja Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera Utara


Prestasi yang di capai, BNN Kota Siantar pada tahun 2023 menerima berbagai penghargaan diantaranya : Peringkat I (Pertama) Penilaian Pengelolaan Data Capaian Output Kategori Jumlah RO diatas 20 RO Periode Semester I Tahun 2023 pada tanggal 06 September 2023, Penghargaan kepada BNNK Siantar keberhasilannya membangun Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) Tahun 2023 dari Penilaian TPI dengan nilai 84,09 pada tanggal 30 November 2023.


Inovasi dan terobosan, membuat aplikasi berbasis web guna memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi P4GN dan layanan P4GN, layanan pembuatan SKHPN.


Kantor pelayanan di wilayah rayon, dalam mempermudah memberikan pelayanan P4GN kepada masyarakat khususnya masyarakat di wilayah rayon yakni Kabupaten Samosir, Kabupaten Toba dan Kabupaten  Humbahas maka BNN Kota Siantar bekerja sama dengan Kesbangpol Kabupaten Samosir, Kabupaten Toba dan Kabupaten Humbahas membangun Kantor pelayanan BNN Kota Siantar yang berada pada kantor Kesbangpol di wilayah rayon tersebut.


Kampanye War On Drugs, BNN Kota Siantar melaksanakan kampanye War On Drugs melalui KIE keliling dan stiker War On Drugs di pusat kota dan pusat keramaian kota dan di wilayah rayon.


Konseling online, BNN Kota Siantar melalui petugas rehabilitasi yang ada melaksanakan konseling secara online dengan terjun langsung menjemput klien rehabilitasi, hal ini dilakukan untuk memudahkan klien dalam proses rehabilitasi rawat jalan.


Implementasi pelaksanaan instruksi Presiden RI Nomor 2 Tahun 2020 Inpres Nomor 2 tahun 2020 diterbitkan pada 28 Februari 2020. 


Melalui Inpres ini, presiden menginstruksikan kepada pimpinan kementerian lembaga, para gubernur dan para bupati/walikota untuk melaksanakan rencana aksi nasional P4GN tahun 2020-2024.


Rencana aksi yang dilakukan melalui kegiatan penyebaran informasi melalui media cetak maupun elektronik, pembentukan regulasi tentang P4GN, pelaksanaan tes urine kepada ASN, pembentukan satgas/relawan anti Narkotika serta pengembangan topik/materi Narkoba pada lembaga pendidikan. 


Pelaksanaan instruksi Presiden RI Nomor 2 Tahun 2020 yang dikoordinasikan oleh BNN Kota Pematang Siantar mencakup 4 kabupaten/kota antara lain: Kota Siantar 89  kegiatan pada OPD, Kabupaten Samosir sebanyak 6 kegiatan pada OPD, Kabupaten Toba sebanyak 2 kegiatan pada OPD, Kabupaten Humbang Hasundutan sebanyak 4 kegiatan pada OPD.


Kepada pihak-pihak yang telah mendukung terselenggaranya P4GN, BNN Kota Siantar menyampaikan apresiasi yang tinggi disampaikan kepada Walikota Siantar, Kapolres Siantar, Kajari Siantar, Ketua Pengadilan Siantar, Dandim 0207/ Simalungun, Dandenpom I/1 Siantar, Rektor Universitas Simalungun serta Rektor Universitas HKBP Nomensen Siantar.


"Tidak lupa juga kami ucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada Bapak Bupati Samosir, Bapak Bupati Toba dan Bapak Bupati Humbang Hasundutan dan instansi terkait lainnya," terang Tuangkus Harianja.


Penulis : Ari

Editor : Rudi