Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Sabtu, 23 Desember 2023, 11:31 WIB
Last Updated 2023-12-25T04:35:39Z
Deli SerdangDosenPemilu 2023Pendidikan

Dosen UMA Wujudkan Pemilih Pemula Cerdas di Pemilu 2024 Melalui Penyuluhan

Foto bersama di acara pelatihan. (Foto/Istimewa).

Deliserdang - nduma.id


Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 semakin dekat. 


Tingginya angka pemilih pemula, khususnya yang berasal dari generasi Z, menjadi perhatian tersendiri. 


Pentingnya pemahaman dan pengetahuan yang tepat bagi pemilih pemula menjadi kunci untuk menentukan pilihan yang cerdas pada Pemilu 2024. 


Oleh karena itu, Universitas Medan Area (UMA) turut serta membantu meningkatkan kesadaran pemilih pemula lewat kegiatan penyuluhan yang diadakan oleh beberapa tim dosen UMA.


Jumat, 22 Desember 2023, dosen UMA memberikan penyuluhan dengan judul “Penyuluhan Pembelajaran Kreatif Dalam Public Speaking Terhadap Pelaksanaan Pemilu Bagi Pemilih Pemula”. 


Berlokasi di Desa Rumah Kinangkung, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang.


Peserta yang hadir adalah pelajar siswa-siswi serta perangkat desa. 


Rangkaian materi yang diberikan meliputi aspek akademis maupun praktik, seperti kemampuan berkomunikasi dalam public speaking dan keterkaitan antara pemilihan umum dan pemilih pemula.


Giat sebagai bentuk pengabdian masyarakat ini (PKM) dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 15 -17 Desember 2023. 


Dalam kegiatan ini, peserta mendapatkan pembelajaran tentang pentingnya memiliki kecerdasan berpikir dan kecerdasan bertanya dalam memilih di pemilu. 


Agnita Yolanda, B.Comm., M.Sc., dari program studi ilmu komunikasi UMA memberikan pemikiran pentingnya kemampuan berkomunikasi dalam public speaking dan memberikan kiat-kiat agar menjadi seorang pembicara yang efektif.


Khairunnisah Lubis, M.I.Pol dari program studi ilmu administrasi publik UMA memberikan penegasan mengenai keterkaitan pemilihan umum dan pemilih pemula. 


Selanjutnya, Assoc Prof Dr Rudi Salam Sinaga, dosen magister ilmu administrasi publik UMA memberikan pemahaman konsep penyuluhan bagi tim yang turun lapangan memberikan penyuluhan.


"Melalui penyuluhan ini, peserta diharapkan dapat lebih sadar dan memiliki pemahaman yang tepat dalam menentukan pilihan di Pemilu 2024," tandas Rudi Salam Sinaga.


Keikutsertaan pemilih pemula pada Pemilu 2024 yang semakin meningkat dapat meningkatkan partisipasi pemilih dan menumbuhkan generasi yang lebih cerdas serta kritis.


Semua pihak harus berperan serta untuk menghasilkan pemilih yang cerdas dan dermawan dalam memilih pada Pemilu 2024.


Penulis : Rudi 

Editor : Son