Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Rabu, 20 Desember 2023, 08:17 WIB
Last Updated 2023-12-20T01:17:26Z
Bela NegaraMedanPoldasu

Hari Bela Negara, Momentum Meningkatkan Cinta Tanah Air

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi. (Foto/Dok. Humas Poldasu).

Medan – nduma.id


Hari Bela Negara (HBN) menjadi momen penting bagi masyarakat Indonesia untuk mengobarkan semangat kebangsaan dan meningkatkan rasa cinta tanah air.


Pada perayaan HBN ke-75 di tahun 2023, Kapolda Sumatera Utara melalui Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memperkuat jiwa bela negara dalam menghadapi situasi yang tidak menentu.


Menurut Hadi, bela negara bukan hanya menjadi tanggung jawab aparat pertahanan tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat.


Hal ini penting mengingat tantangan yang semakin tak terduga di masa depan, seperti ancaman fisik dan tak kasat mata, pandemi, konflik global, revolusi teknologi, dan krisis iklim yang dapat membawa dampak dan resiko bagi ketahanan negara.


"Kita harus memiliki jiwa bela negara sebagai pilar utama sehingga menjadi tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu," katanya.


Oleh karena itu, sebagai bangsa Indonesia, Hadi mengajak semua harus memiliki jiwa bela negara sebagai pilar utama untuk menjaga persatuan dan kesatuan negara.


Selain itu, juga harus memperluas pengertian tentang bela negara agar tidak hanya terbatas pada aspek militer semata.


Setiap elemen masyarakat dapat turut serta dalam menjaga ketahanan negara, baik dalam aspek ekonomi, politik, sosial, budaya, hingga lingkungan.


"Oleh karena itu bela negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus luas lagi dalam merangkul elemen masyarakat dalam menjaga persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia," ujar Hadi.


Penulis : Rudi

Editor : Novel